Review Singkat: Mini-Router Smartfren Connex M1

Review singkat kali ini temanya adalah mini router dari Smartfren. Sebetulnya produk Connex M1 sudah dipasarkan sejak lama, berhubung ada teman kantor yang ngasih secara cuma-cuma alias gratis (maklum beliau sudah pakai yang katanya cepat bingit yaitu 'Bolt'), tentunya dengan senang hati saya terima hehehehehe. Dulu sebetulnya sempat punya modem dari Smartfren, hanya dikarenakan masih EVDO Rev.A disertai koneksi yang kadang bikin cepat tua (koneksi lemot) dan kadang nge-hank akibat panasnya modem, akhirnya modem tersebut saya pensiunkan.
Mifi (Mini-Wifi) router Connex M1 dibuat oleh Haier, salah satu produsen elektronik dari Cina yang di Indonesia terkenal lewat produk handphone yang biasanya juga dibundling melalui operator seluler. Berikut spesifikasi Connex M1:
  • Chipset dari Qualcomm
  • Jaringan EVDO Rev. B (up to 14,7 Mbps)
  • Wi-Fi 802.b/g/n
  • Powerbank kapasitas 4400 mAH
  • Koneksi sampai dengan 6 pengguna
  • Bisa berfunsi sebagai wireless storage (microSD 32 GB)
Berikut gambar iklan dari Smartfren mengenai Connex M1:

Iklan Smartfren Connex M1 dari website Smartfren
(http://www.smartfren.com/ina/connex-m1/)

Untuk aktivasi nomor cukup mudah karena sudah disediakan panduannya didalam boks penjualan. Pemakaian pertama mendapatkan gratis kuota sebesar 6 GB selama 30 hari. Setelah diaktifkan, SSID Wi-Fi yang terdeteksi biasanya 'SMARTFREN-M1-XXXX' dimana XXXX berupa kode random dari router. Secara default, konfigurasi kemanan menggunakan WPA2-PSK dengan password yang dapat dilihat disamping bodi router sebelah colokan USB. Saya sarankan tidak perlu mengubah SSID dan password supaya gampang menyambungkan perangkat ke router. Tampilan web konfigurator juga cukup sederhana dan mudah digunakan, dengan alamat web konfigurasi di 192.168.1.1 dan login admin/admin. Berikut tampilan dari web konfigurasi Connex M1:

Tampilan statistik koneksi
Tampilan awal web konfigurasi
Tampilan konfigurasi (setting)
Meskipun kecepatan mini router Smartfren Connex bisa sampai 14,7 Mbps, saya hanya mendapatkan rata-rata kecepan sekitar 1-2,5 Mbps saja tergantung jam berapa kita mengakses internet (sepertinya diatas jam 12 malam lumayan cepat :D). Berikut hasil tes dari web Speedtest dengan server yang saya akses Singtel Singapura:
Tes kecepatan koneksi sekitar pukul 23.40
Tes kecepatan koneksi sekitar pukul 00.45
Untuk kecepatan browsing, dengan koneksi 1 atau 2 Mbps jika stabil termasuk nyaman. Saya coba buka website Detikom sekitar 8 detik, sedangkan mengakses Youtube membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Saya coba untuk menonton iklan berdurasi 2 menit dan cukup kaget juga ternyata nggak pakai buffering, tidak seperti kakaknya terdahulu yang mneggunakan jaringanEVDO Rev.A. Video berjalan mulus tanpa goyang patah-patah.
Sejujurnya, saya sendiri tidak terlalu membutuhkan kecepatan s.d 14 Mbps (yang sulit terwujud), tetapi jika Smartfren bisa konsisten memberikan layanan kecepatan stabil di 1 atau 2 Mbps sudah lumayan cukup untuk penggunaan sehari-hari. Logikanya: Tentu semua orang akan senang jika  punya mobil sport yang di geber di jalanan Jakarta dengan kecepatan 250 km/jam. Masalahnya apakah bisa di jalanan Jakarta setiap hari mobil bisa digeber dengan kecepatan 250 km/jam? Tentu saja tidak, hanya tengah malam menuju dini hari di jalan tol kosong mungkin mobil bisa mencapai kecepatan seperti diatas. Kesehariannya, pengguna jalan di Jakarta tentunya ingin jalanan bisa lancar, bisa jadi mobil berjalan di kecepatan 60 km/jam saja sudah lumayan bikin senang di jalanan ibukota daripada pada terjebak macet, dimana kendaraan bisa jalan cuma 5-10 km/jam yang bisa bikin lumanyun :D. Bisa jadi berkendaraan dengan kecepatan stabil 60 km/jam tanpa macet lebih baik dari berkendara pada kecepatan 250 km/jam terus tiba-tiba bertemu jalanan macet. Jadi bagi saya lebih baik kecepatan akses internet 1-2 Mbps asal stabil daripada 14,7 Mbps yang masih angan-angan dan entah kapan bisa dicapai.
Akses Youtube bebas buffering
 Kesimpulannya yang saya dapat selama berkenalan dengan Mini Router Connex M1 adalah kecepatan akses internet cukup cepat dan sinyal koneksi Wi-Fi yang dipancarkan cukup stabil. Saya pun menulis artikel ini mengandalkan koneksi dari Smartfren Connex M1. Tinggal SmartFren mampu memelihara dan meningkatkan kekuatan jaringan EVDO Rev.B nya dan tentunya memberikan tarif langganan internet yang terjangkau.

Kelebihan:
  • Kecepatan lumayan cepat dan cukup stabi
  • Perangkat router tidak cepat panas
  • Ada fitur power bank
  • Konfigurasi perangkat cukup mudah
Kelemahan:
  • Jaringan CDMA sudah jarang dipakai
  • Kecepatan koneksi tergantung waktu akses
  • Smartfren harus membuktikan bahwa kecepatan koneksi bisa sd 14,7 Mbps

Komentar

  1. mas, maksudnya kecepatan koneksi tergantung waktu akses itu apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu akses internet. Sebagai contoh pada tulisan saya diatas, ketika mengakses jam 23.40 kecepatan download yang didapat sekitar 1 Mbps. Pada jam 00.45 (tengah malam lewat) kecepatan meningkat menjadi diatas 2 Mbps. Jadi pemakaian modem pada tengah malam keatas (sampai dini hari) kecepatan yang didapat lebih kencang.

      Hapus
  2. Mas ada driver softwarenya gk . Soalnya punya saya kalau mauvdi instal hilang terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya drivernya sudah ada di perangkatnya. Kalau memakai kabel USB langsung terdeteksi USB drive. Hanya pengalaman saya memakai kabel USB biasanya konesinya menjadi kurang stabil dibandingkan memakai jalur Wi-Fi.

      Hapus
    2. gak perlu instal softwarenya. buka aja di browser 192.168.1.1 masuk pake user admin psas admin. disitu semua fiturnya ada

      Hapus
    3. gak perlu instal softwarenya. buka aja di browser 192.168.1.1 masuk pake user admin psas admin. disitu semua fiturnya ada

      Hapus
  3. Mas buat pemula mau beli smartfren conex M1 kasih saran nya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya mas Arif sarannya pastikan daerahnya sudah mendukung EVDO Rev. B. Bisa di cek di website Smartfren area mana saja yang sudah dicover. Cek secara berkala kuota bandwith dan jangan mengaktifkan google drive atau aplikasi sejenisnya jika isi di folder cloudnya banyak. Karena proses sinkronisasi memakan bandwith cukup banyak. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  4. mas pas login admin username sma password itu pke yang mna ya?

    BalasHapus
  5. Mas.. Saya baru beli nih router.. Tapi wktu udh disambungkan ke pc routernya via usb kok software nya ga ada

    BalasHapus
  6. mas bagi software instalasi M1 dongggg

    BalasHapus
  7. Jad gan klw gak ada jaringan gsm nya ya mesti cdma

    BalasHapus
  8. Jad gan klw gak ada jaringan gsm nya ya mesti cdma

    BalasHapus
  9. Gan punya saya kok gk bisa masuk ke IP;192.168.1.1????itu gimana solusinya????

    BalasHapus
  10. ulasannya cukup detail gan,,, mantaaaabbb.... jangan lupa mampir kesini ya gan http://www.els.co.id/?product_cat=networking-tools&s=&post_type=product

    BalasHapus
  11. M1 saya tidak conec bagaimana cara setingnya? Berulang2 saya seting ga bisa conec

    BalasHapus
  12. M1 saya tidak conec bagaimana cara setingnya? Berulang2 saya seting ga bisa conec

    BalasHapus
  13. M1 saya tidak conec bagaimana cara setingnya? Berulang2 saya seting ga bisa conec

    BalasHapus
  14. mas, ketika saya masukkan user admin dan password admin, tapi diberitahunya kalau password salah, bagaimana lagi? perkiraan saya ada kawan yg usil ,merubah password saya. jadi bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  15. ketika saya masukkan user admin dan password admin, tapi diberitahunya kalau password salah, bagaimana lagi? perkiraan saya ada kawan yg usil ,merubah password saya. jadi bagaimana solusinya

    BalasHapus
  16. Mas klo pake kartu gsm smartfren 4G bisa apa ga ya?

    BalasHapus
  17. Halo, nama saya BOVIN INDAH, saya tinggal di Denpasar, Bali, Indonesia. Saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya rugi sekitar 6 juta karena butuh modal besar Rp800.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat tujuan dan bisnis saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan kedua anak saya.

    Saya tidak tahan ini terjadi lagi. Tanggal 1 Mei 2020 ini, saya melihat kesaksian pinjaman dari seorang kakak dan saya dikenalkan dengan seorang ibu yang baik, Ibu Rika Anderson Loan, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Ibu yang terkasih, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu sesama orang Indonesia, bahwa di luar sana banyak sekali scammer, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, cukup daftar melalui

    Ibu Rika Anderson Pinjaman melalui website: www.rikaandersonloancompany.com
    email: Soppurt@rikaandersonloancompany.com
    Surel; rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +1(929)526-0086

    WA: +6285854125084
    Nama: BOVIN INDAH
    Negara: Denpasar, Bali, Indonesia
    Jumlah: Rp 800.000.000
    Tahun: 1 Mei 2020
    email ini: bovinbovinindah@gmail.com

    BalasHapus
  18. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  19. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Popular Posts