Memilih Koleksi Diecast: Tips Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Kira-kira, saya cocoknya mengkoleksi diecast jenis apa ya? Pertanyaan ini biasanya meluncur dari teman-teman yang ingin mulai terjun kedalam hobi mengkoleksi diecast. Termasuk saya. Sampai sekarang pun setelah 5 tahun mengkoleksi masih suka bimbang alias plin-plan untuk beralih dari mengkoleksi skala/merk dari satu ke yang lainnya. Kilas balik pada saat awal mengkoleksi diecast, yang saya ketahui hanyalah merk Hot Wheels dan Matchbox. Karena 2 merk diecast inilah yang paling mudah ditemukan. Setelah saya bergabung di forum Indodiecast dan rajin datang ke gathering komunitas di acara SM Tomoci baik di Senayan maupun Gedung Indocement, barulah mata saya terbuka dan mengetahui ternyata banyak sekali model dan merek diecast baik berdasarkan skala maupun harga. Mulai dari harga ribuan sampai jutaan,mulai dari skala 1:150 sd skala 1:12. Berdasarkan pengalaman inilah saya ingin berbagi cerita khususnya bagi rekan-rekan yang ingin mulai hobi mengkoleksi diecast. Sekali lagi, cerita ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, bisa jadi isi dari blog ini berbeda dengan pengalaman rekan-rekan lainnya ^_^

Koleksi diecast skala 1:24
Berikut beberapa tips yang yang dapat dijadikan panduan dalam mengkoleksi diecast:
  • Skala
    Ada banyak skala dalam dunia per-diecast-an. mulai dari skala 1:12 sampai dengan 1:155. Skala 1:12 sd 1:18 bisa dibilang skalanya para raja. Karena model diecast ini biasanya tingkat detailnya bagus sampai tingkat luar biasa. Harganya pun bervariasi dari ratusan ribu s.d puluhan juta. Di Indonesia kebanyakan yang beredar adalah skala 1:18 (panjang mobil sekitar 36/ 38 cm). Untuk skala 1:12 biasanya hanya dimiliki oleh kolektor kelas wahid karena kualitas dan harganya yang bisa membuat merinding.Selanjutnya skala 1:24 dan skala 1:32. Sebagian teman menyebut skala 24 adalah skala tanggung antara skala 1:18 dan 1:43. Jika skala 1:18 dirasa terlalu besar/mahal dan skala 1:43 terlalu kecil, maka skala 24 dan 32 inilah menjadi alternatif untuk dikoleksi. Fitur standar biasanya pintu, kap mesin dan bagasi bisa dibuka. Meskipun detailnya belum bisa menyamai skala 1:18, kecuali beberapa merk tertentu.

    Skala 1:18 Joyride K.I.T.T Knight Rider
    Skala 1:43 mungkin salah satu skala yang paling banyak digeluti oleh kolektor diecast. Disamping harganya yang masih terjangkau, detailnya cukup baik bahkan untuk beberapa merk sangat detail meskipun harganya pun mendekati diecast skala 1:18. Fitur utama biasanya dilengkapi display case (dari akrilik). Sedangkan kekurangannya adalah kebanyakan model di skala ini untuk pintu, kap mesin dan bagasi tidak bisa dibuka, kecuali beberapa model saja.

    Skala 1:43 biasanya sudah dilengkapi base dan kaca akrilik
    Berikutnya adalah skala yang paling populer yaitu skala 1:64. Paling populer karena skala inilah yang paling mudah dijumpai di pasaran. Tidak hanya dijadikan koleksi tetapi juga untuk dimainkan karena aslinya model skala 64 adalah mainan untuk anak-anak. Beberapa dari skala ini memiliki fitur kap mesin dan pintu bisa dibuka. Ada juga skala 1:48 atau 1:50 yang sering digunakan untuk mobil jenis truk dan bus serta alat-alat berat.

    Skala 1:64 Tomica Edisi Taxi Hongkong
    Skala terakhir adalah 1:87 s.d 1:155. Skala ini dikenal sebagai model skala si kecil cabe rawit. Meskipun bentuk modelnya kecil, tetapi untuk detailnya cukup mengagumkan tergantung merk pembuatnya. Biasanya model di skala ini yang paling banyak dibuat untuk diorama, karena ukurannya kecil dan aksesoris pendukungnya cukup banyak. Meskipun kebanyakan dari model ini ada yang terbuat dari plastik, tetapi tetap dianggap kedalam keluarga diecast.
    Contoh diorama dengan diecast skala 1:87. Sumber: transport-models.com
    Berikut perbandingan antar skala model diecast:
    Perbandingan skala diecast dari 1:18 sd 1:87. Sumber: diecastscale.org
  • Harga dan Merk
    Saya hanya akan membahas beberapa merk yang paling banyak dikenal dikalangan Diecaster (sebutan bagi pengkokeleksi diecast) di Indonesia mulai dari skala 1:18 terlebih dahulu. Beberapa merk terkenal di skala ini antara lain: Kyosho, BBR, Auto Art, Minichamps, Universal Hobbies, Shelby Collectibles, Norev, dan Hot Works dengan harga kisaran 1 sd 5 jutaan keatas. Untuk harga dibawah 1 jutaan terdapat merk seperti: Maisto, Jada Toys, Bburago, Yatming, Hot Wheels, ERTL dan Welly. Harga ini tidak mengikat, karena tergantung pada kualitas, keunikan dan kelangkaan model itu sendiri. Keunggulan skala ini adalah detailnya yang luar biasa bahkan bisa mendekati model mobil aslinya, terutama jika keluaran dari merk papan atas yang saya sebutkan diatas.

    Auto Art BMW M3 EVOLUTION "CECOTTO" EDITION 1989
    Salah satu model diecast yang banyak dicari oleh kolektor papan atas
    Berikutnya skala 1:24. Untuk skala ini yang medominasi di Indonesia adalah keluaran dari Maisto, Jada Toys, Bburago, Motor Max, Mondo Motor, Yatming, ERTL, GreenLight dan Welly. Harganya dikisaran 500-ribuan kebawah, kecuali model tertentu yang dianggap langka (rare) bisa sampai jutaan. Merk lainya dengan harga diatas 500-ribuan terdapat Hot Works, Aoshima, Franklin Mint, M2M Machines dan Unique Replicas.

    Jada Toys 1953 Chevy Wrecker Showroom Floor
    Berikutnya adalah skala 1:43. Untuk merek yang cukup dikenal antara lain: Auto Art, Kyosho, Minichamps, Ixo Model, Spark, Schuco, Jcollection, Norev, Tomytec dan Ebbro. Kisaran harganya dari 200-ribuan sampai dengan 700-ribuan bahkan bisa mencapai jutaan. Untuk kisaran harga 200-ribu kebawah terdapat merk seperti Welly, Rastar, Cararama, Kinsmart, dan HighSpeed. Salah satu keunggulan dari skala ini, biasanya terdapat boks akrilik sehingga terlihat lebih ekslusif. Terdapat juga skala 1:32 meskipun tidak banyak merek yang megeluarkan, diantaranya adalah Corgi, Kinsmart, Jada Toys dan Welly.
    JCollection Subaru Imprezza STI dilengkapi dengan boks akrilik.
    Sumber: masterlaodaz.blogspot.com
    Skala 1:64. Inilah skala yang paling banyak ditemui di pasaran. Terutama pada 3 merk diecast yaitu Hot Wheels, Matchbox dan Tomica. Tentu saja ada merk lainnya seperi Majorette, Jada Toys, Aoshima, M2Machines, Maisto, Greenlight, dan yang lainnya. Harganye bervariasi tergantung dari merk. Mulai dari 20-ribuan sampai ratusan ribu rupiah. Kelebihan dari skala ini adalah jenis mobil yang dikeluarkan oleh setiap merk sangat banyak jenis dan variasiya. Mulai dari mobil Amerika, Jepang sampai Eropa. Juga terdapat model-model mobil imajinasi yang tidak ditemui pada mobil aslinya. Sedangkan untuk skala 1:48/1:50 didominasi oleh Hot Wheels, Saico, Norscot, Tomica/Tomytec, Corgi yang biasanya mengeluarkan diecast jenis truk, bus dan alat berat.

    Hot Wheels 20. Salah satu varian paket diecast dari Hot Wheels
    Untuk 1:76 dan skala 1:87 beberapa merk yang cukup populer adalah Schuco, Herpa, Wiking, Oxford, Corgi, Siku, Highspeed, Cararama dan EFE. Meskipun ukuranya kecil tapi harganya bisa lebih mahal dari diecast yang skalanya lebih besar. Untuk kualitas dan detail tinggi harganya bisa berkisar antara 150-ribu s.d 500-ribuan. Sedangkan untuk merk seperti Cararama dan Highspeed masih bisa didapatkan dikisaran 25-ribu s.d 100-ribuan.
    Model 1:87 banyak didominasi oleh jenis truk/lori
    Dan terakhir adalah merk serta harga untuk skala 1:148 sd 1:155. Sebetulnya skala ini lebih banyak didominasi oleh model yang terbuat dari plastik daripada dari besi. Merk yang populer antara lain Tomytec dan Braun. Kisaran harga mulai dari 80-ribuan sd 300-ribuan.

    Tomytec N-Scale 1:150
  • Hunting
    Hunting atau berburu koleksi diecast menjadi tantangan tersendiri bagi para kolektor/diecaster. Bisa mencari dari mall ke mall, super market ke supermarket, toko mainan, lewat facebook, pameran mainan, kegiatan gathering, toko online, atau berburu keluar negeri melalui ebay atau web online lainnya. Mungkin jika tinggal dikota-kota besar tidak terlalu sulit untuk berburu diecast, bagaimana jika untuk kolektor diluar kota besar? Jangan berkecil hati. Manfaatkan Facebook atau layanan toko online seperi Tokobagus.com, Tokopedia dan Forum FJB Kaskus untuk mencari item buruan. Yang perlu diperhatikan adalah harus hati-hati dalam memilih penjual (seller) jangan sampai tertipu. Perhatikan reputasi seller dan carilah informasi mengenai item yang dijual, siapa tahu dengan membandingkan antar seller bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jika ingin mencari item yang langka dan unik, silahkan berkunjung ke situs lelang Ebay.Com. Dengan syarat punya akun paypal dan kartu kredit, atau titip teman bisa juga menggunakan jasa pembelian online. Sekali lagi berhati-hatilah dalam melakukan transaksi online.
    Hunting diecast di toko online menghemat waktu dan biaya tetapi tetap berhati-hati
  • Komunitas
    Bergabung dengan komunitas sesama kolektor diecast, selain menambah persahabatan juga menambah pengetahuan tentang hobi yang digeluti. Salah satu keuntungannya adalah bisa melakukan barter (tukar koleksi), jual-beli dengan harga yang bersahabat bahkan titip pesan jika item yang dicari sulit ditemukan di pasaran. Salah satu yang paling mudah adalah bergabung di forum-forum atau di grup Facebook. Bisa juga hadir pada acara gathering seperti Sweep Meet Tomoci Jakarta yang secara rutin dilaksanakan pada hari Minggu setiap Minggu ke-1 dan ke-3 di Gedung Indocement, Jl. Sudirman, Jakarta Pusat. Dikota lain pun seperti Bandung, Semarang, Medan, Lampung, Denpasar, Surabaya, Makasar, Malang, dan Yogyakarta acara gathering ini rutin dilakukan.

    Acara SM Tomoci mempererat persahabatan sesama kolektor diecast
    . Sumber: Tomicaforum.Com
Dari mana harus mulai?
Pendapat saya adalah untuk pertama kali mengkoleksi sesuaikan dengan budget anggaran :) Karena yang namanya hobi, tentu setiap orang memiliki kemampuan finansial berbeda-beda. Semakin jauh mengenal dunia per-diecast-an akan semakin mudah untuk menentukan fokus koleksi yang ingin dikejar. Bisa jadi ada rekan-rekan yang hanya fokus mengumpulkan diecast mobil balap misalkan, atau hanya fokus di skala 1:43 atau mungkin juga fokus pada merk tertentu atau bahkan tidak ada fokus sama sekali tergantung selera hehehee. Tidak ada batasan dalam mengkoleksi diecast, semuanya terserah kepada kemauan dan kemampuan ^_^ . Semboyannya adalah "My Garage is My Rule". Sebagai contoh, saya sendiri pada awalnya mengkoleksi skala 1:64 dari Hot Wheels, Jada dan Matchbox. Kemudian pindah hanya fokus ke 1:64 dan 1:24 Jada Toys. Lama-lama mulai bosan, kemudian pindah ke skala 1:43 khusus mobil sport Jepang dan sekarang kembali mencoba fokus di skala 1:64 Hot Wheels, Tomica (khusunya mobil polisi, damkar, ambulance dan taxi) serta Tomytec N-Scale 1:150. Bagi saya fokus itu hanya untuk menjaga supaya dompet tidak jebol dan tidak "teracuni" oleh model dari skala lain yang semakin hari semakin mengganas kadar racunnya he..he..he..
Beberapa model Tomica koleksi pribadi (Kolpri)
Weh, tidak terasa panjang juga menulis cerita tentang diecast ini, semoga ada manfaat bagi pembaca semua :) Happy hunting ....

Komentar

  1. izin kopas untuk komunitas di fb...tks

    BalasHapus
  2. RIMS cukup bagus, dipakai oleh Toyota untuk miniatur mobil Kijang dan Avanza.

    BalasHapus
  3. I do love TLV/NEO :D

    BalasHapus
  4. tulisannya sangat membantu bro bagi gw yg baru mo koleksi diecast. mksh. salam dari Jakarta, LHZ :)

    BalasHapus
  5. wah saya yg masih bocah minta ortu gak bisa koleksi gituan jadi buat sendiri replika mobil, kalo penasaran kunjungi blogku

    BalasHapus
  6. info yang menarik, dulu kadang suka beli tomica jarang yg hotwheels. setelah pindah ke samarinda mulai tertarik dgn hotwheels terutama yg TH, sedangkan tomica cukup sulit dicari, karena saya & istri lebih suka hunting masuk toko. biarpun cuma dapet satu tapi puas... gak perlu buru-buru beli banyak krn masih cekak dompetnya... hehehee...

    BalasHapus
  7. saran aja nih... bikinin komparasi antar merek buat pemula dong.. biar nubie kayak ane tau mana aja merek yg bagus...

    sekarang sih cuma ngumpulin kinsmart skala 32 aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk merek sih menurut saya tergantung selera, karna menurut saya kalo koleksi diecast itu mesti thematic, kalo gak bisa kering dompet...hehehehe

      contoh : hotwheels, burago, tomica, welly, kinsmart, jada

      nah tergantung kita mau ngambil yang mana

      Hapus
    2. untuk merek sih menurut saya tergantung selera, karna menurut saya kalo koleksi diecast itu mesti thematic, kalo gak bisa kering dompet...hehehehe

      contoh : hotwheels, burago, tomica, welly, kinsmart, jada

      nah tergantung kita mau ngambil yang mana

      Hapus
  8. newbie pengen punya replika Crane, dimana tokonya di Jakarta?

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. saya lagi coba skala 24, sebelumnya koleksi 64 jada, greenlight dan m2 machine, yang skala 24 ini baru coba welly sama motormax, cuma pusing sendiri soalnya antar 1 merek ternyata skalanya ga sama, padahal ditulis 1/24, contoh nyatanya welly 2006 dodge charger daytona sama 1968 chevelle

    BalasHapus
  11. om Hendra,mau tanya dong..ada link yang jual diecast mobil toyota kijang super gak..?butuh info nih..

    BalasHapus
  12. Klo kinsmart bagus g c?? Maaf nubie nih...

    BalasHapus
  13. Maaf saya baru reply sekarang ^_^,

    Untuk informasi komparasi berbagai merk diecast, sejujurnya cukup sulit untuk saya lakukan karena keterbatasan koleksi diecast yang saya miliki. Menurut pengalaman saya pribadi memang kualitas diecast berbanding lurus dengan kemampuan dompet T_T. Semakin kita ingin memiliki diecast dengan kualitas bagus pasti harganya mahal. Contoh diecast skala 1:64 keluaran Hot Wheels reguler (Rp. 25.000) dan Greenlight reguler (Rp.80.000) akan berbeda. Begitu pun untuk skala lainnya.

    Karena beberapa komentator ingin mengulas merek-merek diecast diantaranya:

    KINSMART: Skala yang paling banyak adalah skala 32 dan 24. Secara kualitas lumayan bagus, meskipun bagi saya pribadi kadang seperti mainan karena biasanya ada fitur "full back action" artinya mobil ditarik kebelakang terus dia maju dengan motornya. Beberapa keunggulannya adalah harganya bersahabat, merek mobil diecastnya banyak, kualitas cukup bagus untuk kolektor pemula, relatif mudah didapatkan itemnya. Tips dari saya apabila ingin mengkoleksi Kinsmart, belilah lemari pajang (display case) bertingkat untuk penyimpanannya. Dijamin akan membuat teman/saudara yang berkunjung terkagum2 seperti halnya saya di salah satu toko mainan yang memajang Kinsmart skala 1:32 didalam sebuah lemari display 3 tingkat dari berbagai macam merek mobil. Kekuranga dari Kinsmart adalah skalanya yang tidak umum (skala 32 kebanyakan), cat sedikit mudah terkelupas, fitur full back action kadang dianggap lebih ke mainan daripada sebuah diecast untuk koleksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarkan aq kasih pandangan dikit mas dalam dunia hobby,,menurut aq,,tidak ada definisi "dianggap mainan "...itu kan hanya pendapat beberapa teman ente aj,..bebas donk org mo koleksi apa kek ,,buktinya,,ente sendiri kloeksi yg 1/64 yg ente anggap mainn anak2...sekilas tulisan ini membingungkan apalagi tuk org awam,...sebenarnya klo lebih teliti lg tiap pabrikan mempunyai ciri khas tersendiri yg tidak dimiliki oleh pabrikan yg lain, selain tuk melestarikan mainan yg edisi RARE serta bernilai lebih dari "sekedar mainan" sarana keleksi ini jg bermanfaat tuk menambah pertemanan sesama kolektor, ini hanya sekelumit panadngan sj Ryan {kolektor diorama & realistic diecast}

      Hapus
    2. Maaf mas hendra budiarto, sebagai pemula dlm koleksi die cast, saya bingung jg dg pernyataan "seperti mainan" utk pull back action, knp bs ada anggapan seperti itu? Pdhl bbrp merek dg fitur pull back mempunyai kualitas yg bagus, dr sisi detail dll. Setuju jg dg mas ryan, klo definisi mainan adl yg sering dipake anak2, 1/64 adl skala yg plg sering dipake anak2.
      Saya sndr malah kepikiran, ya namanya sie cast ya mainan, kita mmg koleksi mainan, mau kategori massal atau rare, harga pasaran atau harga spesial, tuh die cast ya tetep mainan.
      Jd, apa ada yg salah mnrt mas hendra klo kita koleksi mainan?

      Hapus
  14. Tkash infonya Gan. Saya masih pemula, fokus di skala 24, mobil2 jadul yang terutama pernah beredar di Nusantara, beberapa dapat dari lelangan di KL malaysia, dll. Kalau yang baru NEX, Welly

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren Mas sampai dapet lelangan dari KL. Kualitas NEX dan Welly juga semakin bagus terutama saya menyukai seri RR Evoque.

      Hapus
  15. saya mau tanya mas, harga standar gantungan diecast greenlight skala 1:64 itu berapa ya? saya pernah beli di toko mainan kok harganya sampe 100rb. padahal saya pernah liat di k*skus ada yg jual di bawah 100rb. takut ditipu aja mas sama itu toko mainan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Ano, setahu saya harga standar GL 1:64 kalau di toko mainan sekitar Rp. 80.000 sampai Rp. 99.000. Beberapa waktu yang lalu saya liat di Toys Store seperti Toys Kingdom, Kidz Station dan Sogo ada diskon 30% jadi harganya sekitar Rp. 60.000,- an. Dulu saya punya kenalan teman dimana dia bisa ambil langsung ke distributornya GL (waktu itu masih Agata Promar -> http://agatapromar.com/). Dia jual per-unit GL 1:64 dikisaran harga 65.000,- an. Jadi kalau menurut saya harga normal yang masih masuk akal bagi GL 1:64 adalah di kisaran 60.000-an. Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. ooh gitu ya mas, harga segitu untuk semua jenis GL ya? kmaren saya beli GL hollywood di toys kingdom kokas harga gantungannya kok sampe Rp 99.900,= ya? apa kira2 di semua Toys store memang harganya segitu atau bisa lebih murah?

      Hapus
    3. Sepertinya tergantung serinya Mas, yang termurah seingat saya adalah seri GL Motor World (base diecastnya plastik bukan besi) jika tidak salah sekitar 55.000 an. Seri paling mahal saat ini seri Hollywood atau Black Bandit bisa sampai yang Mas bilang 99.900. Biasanya di toys story besar suka ada penyeragaman harga, mungkin pesan dari distributornya. Jika di Toys Kingdom diskon 30%, biasanya diikuti oleh toys store lain seperti Kidz Station dan Sogo.

      Hapus
    4. oke thanks buat infonya mas. Semoga makin sukses koleksi dan blognya. hehe

      Hapus
    5. Sama-sama mas, terima kasih kembali. Semoga koleksinya bertambah terus hehehehe

      Hapus
  16. Bro Hendra, dimana ya saya bisa bertemu teman2 kolektor EFE atau Corgi bus 1:76? saya mulai keracunan british bus nih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo bro Arief, jujur saja untuk kolektor skala 1:76 saya jarang menjumpai secara offline/kopdar. Paling lihat di Facebook. Karena kebanyakannya teman2 yang mengkoleksi 1:76 biasanya mengkoleksi alat berat atau truk. Mungkin grup FB ini bisa membantu:
      https://www.facebook.com/groups/720978874587268/
      Grup kolektor 1:87. Terim kasih.

      Hapus
  17. Om, sy diecaster pemula. Baru ngoleksi bbrapa merk kinsmast skala 24 atau 36. Yg ingin sy tanyain ke om, bagus merek kinsmart, rimzcity atau unicar om.....mkc sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Rafdi, baik Kinsmart maupun RimzCity memiliki kualitas cukup baik dimana memiliki keunggulan diharganya yang cukup terjangkau dibandingkan sesama diecast skala 24 lainnya. Hanya kalau dilihat dari perkembangannya, sepertinya RimzCity akhir-akhir ini lebih sering mengeluarkan produk diecast terbaru dibandingkan dengan Kinsmart. Untuk merk Unicar Diecast, jujur saja saya belum pernah melihat langsung itemnya jadi belum bisa membandingkan dengan ke dua merk lainnya diatas.

      Hapus
    2. Unicar = RmzCity ......tidak ada merk RimzCity.

      Hapus
  18. Mas..ada ga cara biar kita tau...mana tomica yg rare/collectible sama yg reguler...biar ga over aja haganya sih...nubi soalnya ane mas...makasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Tomica memang banyak variannya, biasanya yang pasti rare adalah versi tomica lama "black box" dan hampir semua tomica biru maupun merah yang masih asli made in japan. Sedangkan untuk red box reguler yang made in china/vietnam, tergantung dari model mobilnya itu sendiri. Misalkan versi polisi atau ambulan kadang harganya bisa lebih mahal. Atau ikon mobil di film seperti Toyota Trueno-86 (Initial-D), Optimus Prime, atau bisa juga mobil yang ngetop di Indonesia seperti Datsun, honda civic, dan yang paling terbaru avanza veloz. Saya sendiri kadang suka "kecele" nganggap suatu model Tomica reguler biasa saja, ternyata hot item yang banyak diburu. Mas Gavin bisa bergabung dengan forum tomica untuk menggali lebih lanjut item apa saja yang rare. http://www.tomicafci.org/ dan http://www.tomicaforum.com/

      Hapus
    2. Para mas mas ini semua tinggal di kaltim ya...gmna klw kita buat group di fb untuk pecinta diecast...jdi buat jualan dan mencari lebih enak. Thx

      Hapus
  19. kalau mencari tau hotwheels atau matchbox (1:64) yang langka gimana om?
    makasih

    newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam Mas Ija, jujur saja kalau untuk Hot Wheels dan Matchbox sangat banyak variannya. Kalau varian langka tergantung kriterianya seperti Hot Wheels contohnya, terbagi menjadi beberapa kriteria langka diantaranya: model mobil (civic, datsun, ferrari, dairy delivery (DD), VW, drug bus, dsb), atau ikon kendaraan yang diambil dari film (Ecto-1 Ghost Buster, A-Team Van, Batmobile, Scoobydoo Van, K.I.T.T, dsb). Masih banyak lagi kriteria "rare item" lainnya untuk Hot Wheels. Bergabung dengan grup di FB yang khusus mengulas Hot Wheels dapat membantu untuk lebih mudah menentukan mana suatu item termasuk langka atau tidak.
      Sedangkan untuk Matchbox variannya tidak terlalu banyak seperti Hot Wheels. Item yang selalu diburu adalah varian Land rover (landy), Toyota Hardtop, VW bus/camat/kodok, dsb. Belum jika bicara HW dan MBX yang keluaran tahun lama atau di produksi untuk event tertentu.
      Untuk mencarinya yang paling mudah adalah di Ebay.com dengan sayart paunya akun paypal atau kartu kredit untuk pembelian online). Selanjutnya hunting di toko online lokal seperti olx.co.id, tokopedia.com maupun di kaskus FJB. Apabila perlu panduan untuk memilih kira2 Hotwheels mana saja yang langka bisa berkunjung ke alamat dibawah ini:
      http://www.southtexasdiecast.com/hwguide.html

      Hapus
  20. kalau diecast takara tidak ada kodenya apa berarti palsu ya? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, produk Takara ada kodenya. Terutama di box/blisternya. Terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
    2. blister itu bagian mananya ya?

      Hapus
  21. Ijin copy buat informasi pribadi yah Gan..Saya newbie dalam dunia diecats gan..Terima kasih atas informasi dan sharingnya..Salam Kenal..Putu Widhi

    BalasHapus
  22. Saya mau tanya, bagusan Hot Wheels atau Tomica ya? Soalnya saya baru mau mulai koleksi die cast mobil2 yg ada di film atau dipakai oleh tokoh film ataupun yang ada di film2 kartun (ex : batmobile)
    thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya koleksi dua-duanya, karena baik Hot Wheels maupun Tomica memiliki kelebihannya masing-masing dan basis kolektor yang kuat juga untuk keduanya. Biasanya untuk seri diecast mobil yang muncul di film atau serial tv memiliki umur yang panjang sebagai item koleksi yang selalu diburu kolektor. Saya sendiri sedikit-sedikit mengkoleksi seri diecast yang ada di film maupun serial tv, termasuk dari merk diecast lainnya seperti GreenLight dan Jhonny Lightning.

      Hapus
  23. berguna banget neh, ane lg search kebetulan lagi ikut lelang diecast

    mampir ke travelblog gue om di www.globepin.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Mau tanya mas, sy sudah lama koleksi tomica dan TLV. sy mau cobain schuco dan kyosho. kl pasaran harga schuco dan kyosho 1:64 itu brp ya? dan seri apa yg lebih langka / keunggulan mereka masing2? thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Ronny, maaf baru balas. Untuk merk Schuco dan Kyosho saya jarang menemukan secara umum Mas, paling kalau di Ebay, FB atau kebetulan pada acara sweep meet. Biasanya Schuco fokus pada merk mobel Jerman dan varian yang banyak dicari mobil VW, Mercy dan BMW klasik. Untuk harga skala 1:64 dikisaran 150 sd 250 ribu. Untuk Kyosho, yang banyak dicari biasanya mobil sport sama edisi mobil yang muncul di film atau serial tv seperti Initial-D. Untuk harga saya pernah lihat jika yang reguler sekitar 100 sd 125 ribu kalau yang seri langka susah ditebak, tergantung tingkat kelangkaannya. Mantap mas sudah ngoleksi Tomica sama TLV sejak lama. Saya masih ngumpulin Tomica reguler dulu hehehe

      Hapus
  25. sore mas hendro,,terimakasih ilmunya tentang die cast..saya jadi tahu ternyata tomica berharga juga ya..untuk pasaran tomica made in vietnam yang alat berat itu kisaran berapaan ya..?
    dan untuk merk unicar,welly,Rmz,kinsmart urutan paling baik untuk investasi apa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga Mas Rus, tentu saja Tomica termasuk merk diecast yang banyak dikoleksi (termasuk saya). Tomica memiliki banyak jenis mobil yang nilai jualnya selalu tinggi apalagi Tomica keluaran lama. Untuk Tomica alat berat, tergantung variannya, jika boks merah (reguler) bervariasi dari 35.000 sd 49.000. Untuk Tomical long haul (boks panjang) sekitar 100 ribua-an. Alat berat TLV harganya biasanya diatas 250 ribu keatas. Jujur saja untuk diecast keluaran merk Unicar, Welly, Rmz dan Kinsmart saya kurang mengetahui item mana asaja yang termasuk "hot/rare item". Saran saya untuk investasi kalau koleksinya skala 1:64 lebih baik di merk Hotwheels, Matchbox, dan Tomica. Karena ke-3 merk tersebut memiliki basis penggemar yang cukup banyak.

      Hapus
  26. Mas kalo mobilnya skala 18 tapi motor skala 12 , kira" masih gede mana ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang Mas Ano, sepertinya masih lebih besar motor skala 12 Mas. Semoga link dapat membantu untuk perbandingan:
      http://www.xdiecast.com/diecast-year-2012

      Hapus
  27. min sarannya dong, klo untuk pemula baiknya koleksi jenis apa?
    https://lakujualan.wordpress.com/2015/05/12/5-diecast-hot-wheels-termahal-yang-pernah-ada/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya koleksi merek yang sudah terkenal seperti HotWheels, Matchbox atau Tomica atau dapat dilihat di grup-grup diecast di FB untuk mencari inspirasi "kira-kira cocoknya mengkoleksi diecast merk apa dan skala berapa"

      Hapus
  28. Jadi kalau untuk skala 1:32, om Hendra lebih rekomendasikan mana antara Jada, maisto atau kinsmart? Urutan kualitasnya gimana? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Om Wahyu, kalau menurut pendapat pribadi saya secara kualitas berurutan yaitu: Jada, Maisto, Kinsmart. Hanya Jada dan Maisto termasuk jarang mengeluarkan produk terbaru, tidak seperti Kinsmart.

      Hapus
  29. Bang untuk velg skala 43 knp bnyaj yg nyaranin pakai velg jada 64 apa ga kekecilan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang Dwi, kebanyakan kalau ingin swap velg skala 43 pakai Jada skala 64 bisa masuk. Karena ukuran Jada skala 64 lebih bongsor termasuk ukuran velgnya.

      Hapus
  30. Baru mau main Hot Wheels khusus mobil retro jepang / JDM sih maunya..
    ternyata susah
    :D

    kalau cari ban untuk custom HW, cari dimana ya bang?

    BalasHapus
  31. Mau tanya, apa semua tomica punya lembaran brosur di dalamnya? Apa itu khusus yg import jepang aja?

    BalasHapus
  32. saya baru mulai koleksi tomica nih...
    salam kenal

    BalasHapus
  33. Hallo mas, mau nanya untuk onderdil yg mudah nyarinya skala brapa ya kira2.?? Soalnya saya lebih suka memodifikasi diecast daripada mengoleksi type2 tertentu..jadi beli yg standart di utak atik gitu..tapi kendala di onderdil customnya, terutama belg mas. Nah merk2 apa aja yg biasa ngluarin mobil2 standart ya..soalnya saya nyari belom nemu, kyk avanza, luxio, grand max itu sulit..mohon infonya

    BalasHapus
  34. Saya sedang mencari diecast 1:32

    Toyota Alphard 2012-2014 Hitam & Putih
    Toyota Vellfire 2014 Putih
    Toyota Alphard 2016 Hitam
    Toyota Vellfire 2016 Hitam
    Toyota Fortuner 2016 Hitam
    Toyota Camry Hybrid Hitam
    Toyota Hi-Ace Putih
    Toyota Innova Reborn Hitam

    Mercy C200 2014 Hitam
    Mercy E250 CGI 2013 Putih
    Mercy E300 Panoramic 2010 Silver
    Mercy SLK250 2014 Putih
    Mercy S400 2016 Hitam
    Mercy CLS400 2016 Putih

    Nissan Serena 2015 Putih
    Nissan Elgrand 2014 Silver
    Mazda 8 2013 Putih
    Mazda Biante 2013 Putih
    Hyundai H1 Hitam

    Rolls Royce Ghost 2012 Putih
    Rolls Royce Phantom 2014 Hitam
    Bentley Mulsanne 2012 Grey
    Chryler 300C 2009 Hitam
    Jaguar XJL 2012 Hitam
    BMW 760Li 2011 Hitam
    BMW 640i Cabriolet 2011 Putih
    Lamborghini Aventador Orange
    Lamborghini Gallardo Green
    Ferrari 430 Merah
    Ferrari 458 Merah
    Porsche Boxter Kuning
    Porsche Cayman Kuning
    Porsche 911 GT3 Putih
    Porsche Panamera Putih
    Lotus Elise Green
    Hummer H2 Hitam
    Hummer H2 Limo Hitam
    Hummer H3 Putih
    Jeep Rubicon Hitam
    Mini Cooper Putih
    Mini Country Putih
    Audi R8 Hitam
    Nissan GTR Merah

    Mercy 220S Hitam 1962
    Mini Cooper Silver 1972
    VW 1200 Cabriolet Kuning 1974
    Desoto Deluxe Hitam 1952
    Ford Mustang Hitam 1968
    Chevrolet Deluxe Hitam 1952
    Chevrolet Biscayne Coupe 2 Doors Merah 1959
    Chevrolet Belair Merah 1957
    Plymouth Special Deluxe Putih 1948

    Silahkan hubungi saya via WA 081327779991

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami adalah supplier langsung diecast merk autoart, kyosho, minichamps dan lainnya. silahkan hubungi BBM 5FC77F27. Terima kasih

      Hapus
    2. Kebetulan saya jg kolektor skala 1:32
      ada kontak WA atau mgkin email?

      Hapus
  35. Kalo buat d taruh buat pajangan di dashboard mobil kira" cocokny yg skala brapa ya?

    BalasHapus
  36. Mas Hendra numpang tanya dong, tempat jual diecast yang menurut mas hendra paling lengkap di jakarta? dan distributor Maisto, Jada Toys, Bburago, Yatming, Hot Wheels, ERTL dan welley...informasinya berguan sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami adalah supplier langsung diecast merk autoart, kyosho, minichamps dan lainnya. silahkan hubungi BBM 5FC77F27. Terima kasih

      Hapus
  37. Halo maaf Mas Dimas, maaaf baru balas ^_^
    Kalau Jakarta cukup banyak ya di mall yang ada toko mainan seperti Toys Kingdoms di Kotakasablanka, Lotte Shopping Avenue, dan hampir semua mall yang ada Matahari atau Sogo juga Carrefour. Juga di Pasar ASEMKA dan Gembrong.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Supplier langsung untuk diecast skala 1:18 dan 1:43 semua brand.. bisa coba hubungi BBM 5FC77F27. Dijamin harga kompetitif. Terima kasih

    BalasHapus
  40. Nice. Diecast di rumah masih segitu-gitu aja. Jadi semangat buat ngumpulin lebih banyak

    BalasHapus
  41. Wah aku baru koleksi 2 hot wheel sama 3 tomica

    BalasHapus
  42. Ane lebih suka kinsmart krn memang itu yg nyangkut di ati ,dah berjalan 5 taon lebih sampe skrg & skrg pun masih terus hunting.

    BalasHapus
  43. Bagaimana caranya agar dapat HW yang terbuat dari jerman?

    BalasHapus
  44. om, kalo skala 32 bagusan kinsmart apa welly om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya sama bagusnya dan harganya lebih terjangkau bua2nya. Tapi kalau disuruh milih lebih cenderung ke Kinsmart

      Hapus
  45. mau tanya klo AWM dari sisi kualitas dibanding herpa bgmn om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk brand AWM saya belum pernah melihat langsung Om Syahruli, jadi belum bisa memberikan pendapat he..he..he.

      Hapus
  46. Mas hendra, boleh tanya kalau diecast mobil / motor 1-32 hingga 1-48 yang sudah include case acrylic dgn budget dibawah 150.000 dgn kualitas baik kira kira merk apa ya mas. Biasanya aku beli online buat koleksi. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk harga dibawah 150.000an dengan case acrylic sepertinya sekarang agak susah ditemukan Mas Derry. Tapi dulu ada merk High Speed, namun udah jarang ada dipasaran. Paling kalau ada merk Carrarama tapi itu juga hanya basenya yang plastik biasanya tidak ada akriliknya. Diecast skala 1:43 s.d 1:32 dengan akrilik rata-rata suda diatas 200rb. Mungkin ada di Ebay.com tapi tetap saja kena ongkir cukup tinggi.

      Hapus
  47. Permisi bang, tanya nih. Saya 'mantan' kolektor diecast juga, sekarang mau mulai koleksi lagi. Kalau mau restorasi diecast apakah ada part nya tersendiri. Yang mau saya restore produksi Jada skala 1:24

    BalasHapus
    Balasan
    1. Restorasi diecast biasanya pakai cara kanibal atau membuat sendiri partnya Bang Bayu. Dapat dicoba gabung dengan komunitas Jada di FB, biasanya ada yang jago soal restorasi Jada

      Hapus
  48. klo untuk jenis truk yg rekomended apa yah gan kira2? yg skala nya kisaran 1:64 ampe 1:87

    BalasHapus
  49. Menurut Mas Hendra, Lambo Countach Maisto Fresh Metal (skala 64) termasuk rare atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa balas sekarang, menurut saya tidak mas dimas :)

      Hapus
  50. Gan mau nanya, Tomica limited vintage udah make ban karet atau belum ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah Mas Husin, TLV rata2 pakai ban karet semua

      Hapus
  51. Mas saya new bee saya suka koleksi 4x4 dan pick up agak susah yah memang carinya ubek ubek toko Jogja satu bulan kadang ketemu satu yg kadang 2 bln g ketemu mohon info donk untuk 4x4 dan pick up

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan lebih baik cari di Toped saja mas lebih banyak pilihan atau di FB, hanya kalau di FB pastikan dulu sellernya karena (takutnya) ada yang jualan produk fiktif

      Hapus
  52. Selamat malam min... Saya baru mau mulai koleksi tomica... Cm katanya skrng bnyk yg palsu... Jdi utk bedain tomica asli dan yg kw gmn ya min?
    Thank you

    BalasHapus
  53. Mas Hendra salam kenal. Saya baru mau mulai koleksi diecast. dan pilihan saya ialah Jada Mitsubishi Eclipse nya Bryan di film fast & Furious. menurut Mas Hendra mending skala 24 atau 32?

    BalasHapus
  54. mau nanya nih, yg jual diecast mobil lancer evo yang pintu belakang, bagasi dan kap mesinnya yang bisa di buka dimana ya?
    harga dibawah 1jutaan ada gak?

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Masuk sini saat sdh "pensiun"... rasanya pengen balik lagi koleksi.. hehe....

    BalasHapus
  57. Balasan
    1. Apolo menurut saya standar lah untuk pemula, nanti kalau dompet sudah agak tebal, mungkin bisa naik sedikit2 ke kinsmart, nanti bs naik lg ke nex welly, dst. Yang penting kita hepi dan sesuai kemampuan bro. :D

      Hapus
  58. mau tanya bos, kalau mobil sedan skala 1:36 cocoknya di sandingin sama truck skala berapa biar gedenya gk sama. biar kelihatan mirip aslinya

    BalasHapus
  59. Mas Budiarto, saya baru memulai koleksi lagi, maaf mau tanya, untuk matchbox, hotwheel dus / karton, serta tomika, mohon rekomendasi agen / distributor / toko mana yang menjual ?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  60. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Popular Posts