Mengubah isi fle etc/resolv.conf di Ubuntu Server LTS 12.04

Mengedit isi file etc/resolv.conf di Ubuntu Server LTS 12.04 tidak semudah di versi Ubuntu sebelumnya. File ini sangat penting untuk memetakan IP address ke nama hostname atau sebaliknya. Berikut contoh file asli dari etc/resolv.conf
cat /etc/resolv.conf
# Dynamic resolv.conf(5) file for glibc resolver(3) generated by resolvconf(8)
#     DO NOT EDIT THIS FILE BY HAND -- YOUR CHANGES WILL BE OVERWRITTEN
Dapat dilihat apabila kita langsung mengedit file tersebut, maka apabila komputer server di-restart, maka isi dari file resolv.conf akan kembali ke-setting-an awal dengan adanya peringatan "DO NOT EDIT ..." diatas. Bagaimana jika ingin menambahkan entri IP address ke dalam file tersebut secara permanen?

Yang perlu dilakukan adalah mengedit file yang terdapat di folder "/etc/resolvconf/resolv.conf.d", terutama file "original". Didalam file inilah kita dapat menambahkan entri "nameserver [ip address]". Sebagai contoh, kita mendapat IP DNS dari ISP 212.212.212.212. dan DNS lokal adalah 192.168.1.1 dengan nama hostname server ubuntu "ubuntu-server.net"Maka isi dari file "original" adalah:
search ubuntu-server.nett
nameserver 8.8.8.8
nameserver 212.212.212.212.212
nameserver 192.168.1.1
 Diatas saya menambahkan DNS public google dengan alamat: 8.8.8.8, karena DNS Google memiliki kemampuan sangat baik dalam mempercepat pencarian suatu alamat DNS.

File "original " untuk menambah entri ke file /etc/resolv.conf
Setelah perubahan dilakukan, coba restart server Ubuntu, dan setelah masuk kembali ke sistem, ketikkan di terminal:
user@b-proxy:~$sudo cat /etc/resolv.conf
Jika muncul alamat IP yang telah kita entri seperti contoh diatas, maka alamat IP address sudah permanen berada di file etc/resolv.conf.


Komentar

Most Popular Posts