Pimp Your Diecast

Ada kadang kalanya kita merasa bosan dengan koleksi diecast yang dimiliki, terutama jika koleksi diecast kita terlihat seperti "standar-standar saja". Berikut ini tips dan trik yang dapat kita lakukan supaya koleksi diecast menjadi tidak membosankan:
  1. Mengkustom Diecast
    Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para penghobi diecast supaya koleksinya lebih terlihat unik dan ekslusif dibandingkan dengan kolektor lainnya yaitu dengan mnegkustomnya. Bisa dengan cara me-repaint atau menambahkan decal, menambahkan detail lampu dan strobo bahkan mengkanibal bentuk diecast itu sendiri dengan model diecast lainnya. Ada cukup banyak spesialis kustom diecast, terutama saya jumpai di Facebook yang menawarkan jasa kustom diecast. Saya pribadi pernah mengkustom diecast skala 43 dan 24 supaya tampilannya lebih menarik sesuai dengan selera. Biaya kustom sendiri bervariasi tergantung tingkat kesulitannya. Biasanya skala diecast yang paling sering dikustom adalah 64, 43 dan 24.
    Jada 1:24 Nissan GT-R 34 & 35 Custom (repaint)
  2. Dibuat Diorama
    Cara berikutnya adalah dengan membuat diorama. Baik diorama yang sudah disediakan oleh pabrik (seperti Tomica Town) atau kita buat sendiri. Tentunya ukuran diorama harus disesuaikan dengan selera, ukuran diecast dan ketersediaan ruang. Diorama diecast yang dibuat bisa bertema balap, bengkel, diperkotaan, petualangan dan yang lainnya. Membuat diorama tentu membutuhkan kesabaran dan ketelitian supaya hasilnya sempurna. Di Facebook pun saya sering melihat teman-teman diecaster yang jago membuat diorama, kebanyakan di skala 64 dan 87. Semakin detail suatu diorama tentunya akan semakin bikin puas untuk dinikmati
    Contoh diorama workshop VW terbuat dari papercraft
    Diorama Kelas Berat (berat diongkos ^_^)
    Sumber: www.alldiecast.us
  3. Membuat Display Khusus
    Salah satu contohnya adalah dengan membingkai diecast, disusun di rak  atau disimpan dilemari kaca display. Sehingga menimbulkan kesan berbeda pada saat memandang koleksi  dan memberikan rasa kebanggaan tersendiri. Keuntungan lainnya adalah diecast menjadi lebih terawat.
    Diecast Jada Camaro 1:64 dibingkai dengan tambahan background foto/gambar
  4. Membangun Panic Room
    Biasanya panic room dimiliki oleh kolektor-kolektor kelas kakap dimana mereka menyediakan 1 ruangan khusus untuk memajang seluruh koleksinya. Kenapa disebut Panic Room? Karena membuat orang lain yang melihatnya bisa kaget dan terkesima melihat ratusan mungkin ribuan koleksi diecast dari berbagai merek maupun skala.
    Ruangan yang bikin betah pecinta diecast
    Sumber: www.butterfieldphotos.com
 Tentu saja tidak sedikit pula para Diecaster yang lebih senang dengan penampilan asli dari diecastnya. Dan masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat koleksi diecast menjadi "lebih hidup lagi" :)

Komentar

Posting Komentar

Most Popular Posts