Anomali Instalasi Ubuntu Server dengan IP Publik: Destination Host Unreachable

Dua hari ini saya dipusingkan dengan instalasi server Ubuntu 12.04 dan 14.01 yang tidak mau nyambung ke jaringan. Sampai 4x instal ulang tetep saja si server tidak mau nge-ping ke komputer tetangga apalagi ping ke host atau ip publik (internet). Error yang muncul jika melakukan perintah ping: Destination host unreachable. Sebelumnya biasanya saya instal server Ubuntu menggunakan IP lokal terlebih dahulu baru di edit pakai IP publik. Hanya karena server tersebut sangat dibutuhkan secepatnya, jadi saya coba instal langsung menggunakan IP Publik. IP publik yang saya gunakan untuk instalasi Ubuntu Server berlaku normal jika saya tancapkan ke komputer Windows. Sehingga permasalahan saya isolasi ke Ubuntu Server.

Logo Ubuntu Server
Faktor Keamanan?
Sayangnnya saya belum menemukan informasi lebih detail mengenai 'bugs' ini baik dari website Ubuntu maupun dari forum komunitasnya. KEMUNGKINAN (saya capslock karena baru analisa) secara default Ubuntu mengunci instalasi awal Ubuntu Server tidak boleh menggunakan IP Publik untuk menjaga keamanan server itu sendiri. Bisa dimaklumi karena dapat dibilang server masih dalam kondisi 'server Ubuntu kosongan', meskipun standar keamanan sudah terinstal dalam sistem. Mungkin pihak Canonical menjaga supaya bugs yang belum diperbaiki pada versi instalasi awal Ubuntu tidak sampai dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga penggunaan IP publik pada saat instalasi awal server Ubutu tidak diperbolehkan.

Instalasi Menggunakan IP Lokal, Upate lalu Ubah Menjadi IP Public
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, supaya Ubuntu Server dapat diinstall dengan normal, perlakukan seperti halnya komputer client dengan instalasi menggunakan IP lokal. Kemudian update dan upgrade paket jika diperlukan, dan jika sudah selesai baru ubah isi file /etc/networks/interfaces dari IP Lokal (Private) menjadi IP Public. Jika ada rekan-rekan yang mengetahui secara pasti penyebab anomali ini, mohon dapat menginfokan dengan me-reply thread ini. Terima kasih :)


Komentar

Most Popular Posts