Mega Bazaar Komputer 2013: Berakhirnya Era Hardware Freak?

Mengamati perkembangan teknologi komputer yang disuguhkan melalui acara pameran-pameran komputer, saya melihat bergesernya secara perlahan mungkin akan berakhirnya teknologi komputer desktop. Dalam artian teknologi komputer desktop bukan berarti benar-benar hilang, tetapi peminatnya semakin menurun. Meskipun prediksi mengenai pergeseran dari desktop computing ke mobile computing sudah banyak disampaikan oleh banyak pakar, setidaknya arah kesana di Indonesia sendiri terutama di kota-kota besar sudah mulai terlihat. Dengan menjamurnya komputer jinjing seperti netbook yang semakin terjangkau harganya, juga diserbu oleh membanjirnya smartphone dan tablet yang semakin diminati oeh masyarakat.
Acara Maga Bazaar Computer selalu dinanti para pecinta teknologi komputer
Akhir dari Era Hardware Show
 Beberapa tahun yang lalu sejak saya masih kuliah di Yogyakarta (mungkin di era tahun 2002 sd 2008) yang namanya pameran komputer biasanya dijadikan ajang pamer para vendor untuk menunjukkan komponen komputer seperti prosesor, mainboard, memori, kartu VGA, hardisk, PSU sampai dengan casing dan aksesoris pendukungnya. Pada waktu itu laptop masih memiliki porsi kecil dikarenakan harganya yang masih tinggi dan kemampuannya masih jauh dibawah komputer desktop dengan harga yang sama. Saya masih ingat vendor besar seperti Asus, MSI, ECS, dan Gigabyte memamerkan komponen mainboard dari yang ukuran kecil (mini atx) sampai yang ukuran sangat besar seperti miniatur kota yang rumit (full atx). Termasuk kartu VGA dari yang ukuran kecil seukuran telapak tangan sampai yang tampilannya gahar seperti gergaji (lebay, akibat panjangnya kartu VGA). Bagi saya pribadi yang memang menyukai perkembangan hardware, melihat komponen-komponen komputer kelas atas dipamerkan seperti halnya menghadiri pameran otomotif dengan diperlihatkannnya mesin mobil terbaru keluaran ferrari, audi, bmw atau marcedes. Karena ada kepuasan tersendiri saat menyaksikan bahkan bisa memegang langsung, sebab untuk membelinya jelas tidak mungkin (terlalu mahal T_T). Apalagi jika di stand pameran tersebut menyediakan demo rig (komputer) untuk menjajal kehebatan komponen seperti prosesor, mainboard dan kartu VGA, biasanya dengan memainkan game yang sedang populer di masa itu. Dan bisa dilihat sebagian besar stand pameran pada saat itu banyak menyediakan brosur komputer raiktan (PC jangkrik) dengan berbagai variasi model dan harga.
Hardware Show di stand Asus
Sumber: http://www.jagatreview.com
Dimulainya Era Mobile Show
Sejak tahun 2010 sampai dengan sekarang, perkembangan teknologi sudah mulai bergeser. Dengan mulai tumbuhnya laptop/notebook yang semain terjangkau ditambah lagi muncul netbook yang dipelopori oleh Asus Eee PC, membuat pesona komputer desktop semakin memudar. Faktor mobilitas yang menjadi pilihan utama kenapa orang-orang beralih ke mobile computing. Dan akhirnya berimbas juga ke pameran komputer. Dimana sekarang hampir disemua stand pameran yang dijual atau dipromosikan habis-habisan adalah notebook/netbook. Perang diskon, bagi-bagi hadiah, SPG yang cantik bin seksi untuk menarik calon pembeli dijadikan jurus marketing yang ampuh selama pameran. Belum habis netbook, muncul generasi ultrabook dan Tablet PC. Dengan desain yang lebih tipis dan ringkas ditunjang spesifikasi komputer yang tinggi, ultrabook membidik pengguna premium yang menginginkan mobilitas tinggi dengan kemampuan komputer desktop kelas menengah keatas. Dan terakhir kemunculan tablet pc yang semakin terjangkau lambat laun mungkin dapat menggusur fungsi dari notebook, netbook, bahkan ultrabook dalam hal mobilitas dan pemakaian sehari-hari untuk Y-Generation (Generasi muda pecandu internet). Tablet memberikan "kebutuhan dasar" bagi pengguna internet seperti browsing, chatting, facebook-an, sampai main game online ringan.

Notebook, Netbook & Ultrabook mendominasi pameran komputer
Hingar-bingar pameran komputer selalu dinanti, terlebih lagi acara seperi Mega Bazaar Komputer di tahun 2013 ini. Sangat sayang untuk dilewatkan, terutama bagi anda yang berencana membeli netbook atau tablet pc. Banyak tawaran diskon dan bonus hadiah yang sayang kalau dilewatkan :)
Tetapi bagi saya pribadi, sepertinya tetap ada yang kurang karena Hardware Show sudah mulai berkurang di setiap pameran komuter. Dan saya kira kita tidak dapat menolak perubahan jaman. Jadi, apakah sekarang saatnya: Say Good bye to Hardware Freak's ? Semoga tidak! ^_^


Komentar

Posting Komentar

Most Popular Posts