Windows XP yang Begitu Dicintai ...

Tulisan ini untuk mengingat sebagian kejayaan dari OS legendaris Microsoft yang menurut pendapat saya masih menjadi OS terbaik dari keluarga Windows.
Seperti yang telah diketahui, Microsoft akan menghentikan dukungan layanan untuk sistem operasi Windows XP sampai dengan bulan April 2014. Awalnya penghentian dukungan layanan akan dimulai pada tahun 2009 lalu, tetapi mengingat masih banyaknya pengguna windows XP saat itu maka Microsoft memperpanjang nafas Windows penerus Win ME tersebut. Dan tampaknya kesabaran penghasil software MS Office sudah mencapai puncaknya, dengan mematikan secara paksa dukungan teknis supaya pengguna setia windows beralih ke Win 7 maupun Win 8. Pertanyaannya kenapa Windows XP begitu dicintai sehingga masih banyak pengguna enggan beralih ke windows Vista/7/8?

Logo Windows XP (eXPerience)
Penerus Windows ME dan 2000
Windows XP muncul sebagai suksesor dari pendahulunya yaitu Windows ME yang dianggap sebagian orang adalah penerus Windows 98 yang gagal. Windows Millenium (ME) yang seharusnya sebagai tonggak sistem operasi pergantian waktu 1 milenium gagal memenuhi ekspetasi penggunanya. Sisitem operasi ini banyak dikeluhkan sebagai sistem operasi yang tidak stabil, dukungan perangkat keras & lunak yang buruk serta berbagai masalah lainnya. Akhirnya pada bulan Oktober 2001, dirilislah Windows eXPerience (disingkat Windowx XP) yang menyatukan keunggulan dari Windows 2000 dari sisi arsitektur dan kemanan serta Windows ME dari segi kemudahan pemakaian. Sistem operasi ini langsung populer dan meraih kejayayannya dengan terjual sebanyak 400 juta kopi pada bulan Januari 2006 (Tidak termasuk versi bajakannya hehehe..). Kemudahan instalasi, dukungan perangkat keras dan lunak yang luas, kemudahan penggunaan yang akhirnya WindowsMania bisa melupakan dengan cepat Windows ME dan Windows 2000.

Windows ME gagal memenuhi ekspetasi sebagai SO abad milenium

Kegagalan Windows Vista
Sebagai perusahaan perangkar lunak terbesar di dunia, Microsoft tentunya tidak akan berpuas diri melihat kejayaan Windows XP, terutama dalam perbaikan masalah keamanan sistem operasinya. Bukan suatu rahasia jika Windows XP merupakan salah satu sistem operasi favorit hacker/cracker untuk menyebarkan virus, trojan, malware dan program jahat lainnya untuk kepentingan mereka. Bahkan sampai Microsoft mengeluarkan Service Pack 3 pun, banyak analisis/vendor keamanan yang mengatakan Win XP merupakan sistem operasi yang sangat rentan akan serangan. Akhirnya pada tahun 2007 Microsoft merilis Windows Vista yang awalnya berkode "Longhorn" secara luas. Perbaikan utama pada Vista adalah sisi keamanan. Tetapi seperti pepatah bilang, "keamanan akan selalu berbanding terbalik dengan kenyamanan". Itulah yang banyak dirasakan oleh pengguna Windows Vista. Semakin aman suatu sistem akan semakin tidak nyaman bagi penggunanya. Fitur User Account Control (UAC) yang menjadi titik kunggulan Win Vista ternyata banyak dikeluhkan sebab dianggap terlalu ketat mengontrol sistem, bahkan katanya sistem UAC ini mampu merekam aktivitas pengguna dan mengirimkan datanya ke secara sembunyi ke Microsoft. Sistem UAC akan secara real-time memonitoring dan mencegah program jahat seperti virus, malware mengubah file utama windows. Hanya yang membuat jengkel adalah sering munculnya dialog password administrator apabila setiap ada perubahan pada sistem. Isu lainnya adalah banyaknya pengembang (developer) baik software maupun hardware yang masih mencintai Windows XP yang menyebabkan Windows Vista berumur pendek.
Fitur UAC yang aman tapi tidak nyaman

Kerakusan Windows 7/8
Penerus Windows Vista ini berhasil menghapus mimpi buruk pengguna mengenai Win Vista. Dengan perbaikan di kontrol sistem, antarmuka (Aero interfaces) yang lebih memanjakan mata, serta dukungan perangkat keras dan lunak yang baik membuat sistem operasi ini menjadi sistem operasi sejuta umat berikutnya. Segala kecanggihan Windows 7/8 ternyata harus dibayar mahal (secara harfiah diartikan harus menyiapkan dana lebih banyak ^_^), yaitu permintaan spesifikasi (system requirement) terutama perangkat keras menjadi lebih tinggi. Windows 7/8 menetapkan rating performa yang dikenal dengan nama Windows Experience Index (WEI), dimana windows akan melakukan pengukuran (benchmarking) pada hardware komputer dan menampilkan hasilnya berupa indeks nilai antara 1,0 s.d 7,9. Semakin tinggi nilai WEI berarti perangkat keras komputer dianggap mampu menjalankan sistem operasi ini dengan lancar. Bagaimaka jika nilainya dibawah 3? Sudah saatnya anda kembali ke Win XP atau komputernya di "Lem Biru" (Lempar Beli Baru ^_^). Dari pengalaman saya, dengan memori 1 GB, sudah termasukcepat jika menggunakan windows XP plus aplikasi lainnya, tetapi bagi Win 7/8 kapasitas memori  1 GB hanya cukup untuk menjalankan sistem operasi saja. Oleh karena itu wajar jika pengguna komputer masih enggan pindah ke Win 7/8 karena mungkin bagi mereka belum berpikir untuk men-upgrade atau me-lem biru-kan komputer lamanya.
WEI-Mengukur performa komputer untuk menjalankan Win 7
Keunggulan Windows XP
Berikut beberapa keunggulan Win XP tetap dicintai walau sudah berumur 11 tahun menurut pandangan saya:
  • Membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang tidak terlalu tinggi
  • Dukungan terhadap media eksternal seperti flashdisk, HDD portable dan perangkat input lainnya masih bagus
  • Dukungan perangkat lunak masih sangat luas, termasuk aplikasi untuk mengubah tampilan antar muka yang sangat banyak sehingga pengguna bisa merasakan tampilan windows versi lain yang lebih tinggi 
  • Mahalnya lisensi sistem operasi windows versi terbaru
  • Termasuk sistem operasi yang cukup stabil
Nasib Win XP kedepannya?
Seperti yang diberitakan diberbagai web, jika dukungan teknis untuk Win XP dihentikan secara otomatis oleh Microsoft  maka tidak akan ada lagi update maupun service pack untuk menutupi celah kemanan di Windows XP. Yang artinya segala kerusakan sistem yang diakibatkan oleh pengguna maupun ancaman program aplikasi jahat menjadi tanggung jawab pengguna itu sendiri (own risk). Akan sangat berbahaya jika komputer kita terhubung ke internet dan menyimpan data-data yang sifatnya penting atau privasi. Yang pada akhirnya pengguna akan "dipaksa" untuk migrasi ke sistem yang lebih baru dan secara perlahan Windows XP akan kehilangan pengguna setianya seperti halnya generasi windows sebelumnya.

Referensi: Kompas Tekno, Wikipedia.


Komentar

Most Popular Posts