Monitoring Statistik Web Server dengan Webalizer di Server Ubuntu

Memiliki dan mengelola web server tentunya kita memelukan data log statistik untuk melihat profil umum pengunjung. Dimana kita bisa mengetahui berapa banyak halaman web diakses, siapa dan dari mana pengunjung website kita berasal. Webalizer, salah satu tool yang dapat membantu menampilkan laporan log statistik pengunjung. Keunggulannya ialah menampilkan laporan secara detail, instalasi yang cukup mudah dan menghasilkan laporan dalam bentuk html yang sudah pasti kompatibel dengan semua jenis browser.


Instalasi Webalizer saya coba di Ubuntu Server LTS 11.0. Login sebagai root atau menggunakan sudo:
  1. Install Webalizer
    #apt-get install webalizer
  2. Aktifkan 'apache2 hostname resolution' dengan mengedit file: "/etc/apache2/apache2.conf" dan ubah seperti dibawah ini:
    HostnameLookups Off
    menjadi:
    HostnameLookups On
  3.  Langkah berikutnya adalah mengubah konfigurasi log di file "/etc/webalizer.conf":
    LogFile /var/log/apache/access.log.1
    menjadi

    LogFile /var/log/apache2/access.log
  4. Jalankan Webalizer
    #webalizer
  5. Kemudian cek hasilnya di alamat server/webalizer/. Misalkan: www.webku.com/webalizer atau jika IP: http://123.123.123.123/webalizer/. Jika tampil seperti dibawah ini, instalasi berhasil:
    Tampilan awal Webalizer
  6. Supaya webalizer dijalankan setiap interval periode tertentu, misalkan mengupdate statistik per-jam, tambahkan perintah untuk menjalankan webalizer ke cronjob, dengan perintah:
    #crontab -e
    tambahkan baris baru:
    0 * * * * webalizer
  7. Tambahan informasi, jika pada saat memasukkan alamat di nomor 5 yang muncul halaman peringatan seperti dibawah, ubah hak akses folder /var/www/webalizer menjadi 777 dan pemiliknya dari root menjadi www-data. Kemudian jika masih muncul halaman peringatannya, ketikkan alamat lengkap url webalizer menjadi misalkan www.webku.com/webalizer/index.html atau http://123.123.123.123/webalizer/index.html.

    Forbidden

    You don't have permission to access /webalizer/ on this server.


Referensi: http://bobbyallen.wordpress.com/2007/01/16/install-and-configure-webalizer-on-ubuntu/

Komentar

Most Popular Posts