Memunculkan Barcode Aplikasi SLiMS di Server Ubuntu

Dokumentasi kali ini mengenai masalah yang muncul dikarenakan keteledoran saya pada saat memindahkan aplikasi Senayan (SLiMS) dari server lama (Ubuntu 11.04) ke server Ubuntu baru. Dimana di server Ubuntu baru (versi 12.04) tidak muncul tampilan barcode baik di kartu anggota maupun untuk label buku. Setelah ditelusuri ternyata ada 2 hal yang terlupakan yaitu:
  1. Menginstal library php-gd
    Php-gd merupakan library php yang digunakan untuk memanipulasi grafik secara dinamis. Dengan library ini kita dapat membuat grafik menggunakan perintah php yang mendukung format grafik populer seperti gif, jpg, png dan sebagainya. Cara instalasinya cukup mudah, yaitu:
    # apt-get install php5-gd
      atau
    $ sudo apt-get install php5-gd
    Kemudian restart server apache dengan perintah:
    # /etc/init.d/apache2 restart
     Untuk mengetahui jika library php-gd sudah berjalan atau belum, gunakan perintah:
    $ php5 -m | grep -i gd
      Akan menghasilkan outputs:
    gd
  2. Mengubah hak akses pada folder nix di folder /lib/phpbarcode/bin/nix
    # chmod 777 /lib/phpbarcode/bin/nix

Referensi
http://forum.slims.web.id/viewtopic.php?f=22&t=182
http://www.cyberciti.biz/faq/ubuntu-linux-install-or-add-php-gd-support-to-apache/

Komentar

  1. Kalo di online gmna mas.. d laptop saya os windows bisa muncul, tetapi cendana yg sya instal di server online tidk muncul barcode, stamp da signature nya.. pdhal caranya sdah sya lakukan sprti di yg ada di laptop. Mohon pnjlasannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat balas, kalau online di hosting berbayar pastikan plugins php5-gd sudah terinstal dan hak askes ke folder barcode di setting minimal 755 atau 777.

      Hapus
  2. assalamualaikum .....maaf pak... tolong kenapa ya SLIMS di komputer kami tidak bisa membaca hasil cetakan barcodenya padahal barcode di buku lain misalnya barode ISBN Buku bisa di baca oleh alat scaner barcode.... apa yang perlu di atur di slims ini?

    BalasHapus
  3. kami sudah masukkan senayan di hosting vps. tapi kenapa tidak muncul ya?
    padahal untuk folder image dan file pendukung lainnya sudah kami setting 755 ters kami coba 777 juga tetap tidak bisa muncul.

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Popular Posts