Review Singkat Diecast: First Respon 1:43 Dodge Charger Police

Masih di topik review singkat diecast, kali ini saya mengulas skala 1:43 dari pabrikan First Response Replicas. First Respon, who....? First Respon Replicas (FRR) adalah manufaktur diecast berasal dari kota Kentucky US yang mengkhususkan diri menjual diecast mobil polisi yang beredar di Amerika dengan skala 1:43 saja. FRR sangat menjunjung tinggi detail dan autentikasi model diecastnya sampai pemilihan kode warna untuk bodi diecastnya harus sama dengan kode warna mobil polisi aslinya. Dengan moto "THE RECOGNIZED LEADER OF PREMIUM 1:43 SCALE DIECAST POLICE REPLICAS" mereka menawarkan diecast skala 1:43 dengan detail yang tinggi serta tetapi harganya tetap terjangkau.


Logo First Response Replicas
Saya mendapatkan 1 unit diecast FRR Dodge Charger Iowa State Patrol sekitar tahun 2012 hasil ikut lelang di Ebay dengan harga sekitar $17,- pada waktu itu (belum termasuk ongkir). Di websitenya sendiri model diecast 1:43 dijual dengan harga kisaran $21 sd $35,-. Termasuk terjangkau menurut saya jika melihat detail dan packaging-nya yang termasuk baik.
FRR 1:43 Dodge Charger Iowa State Patrol
Tampilan boks belakang
Paket diecast dilegkapi akrilik dengan karton pembungkus cukup tebal. Meskipun produk Amerika ternyata masih tetap saja pabriknya berada di Cina (mungkin untuk mengurangi ongkos produksi).
Tampilan Eksterior dengan Detail yang Cukup Tinggi
Hanya Pintu Penumpang yang Tidak Dapat Dibuka
Seperti yang telah disebutkan diatas, FRR sangat memperhatikan detail pada setiap diecast produknya. Termasuk komponen pendukung seperti antena dan perlengkapan mobil polisi lainnya. Bahan casting dan cat juga termasuk bagus. Saya tidak menemukan cacat berarti pada catnya maupun bentuk casting. Mungkin sedikit yang menjadi kekurangannya adalah ada gap yang agak lebar antar sambungan casting terutama di areah headlamp dan antara body serta bamper.
Bagian Interior
Detail Mesin
 Detail interior juga cukup diperhatikan dengan penambahan aksesoris seperti adanya laptop di dashboard mobil. Sayangnya saya tidak bisa mendapatkan detail lebih banyak mengenai interior karena keterbatasan kamera pocket dalam mengambir gambar dengan jarak makro. Mesin juga mendapat sentuhan yang tidak ala kadarnya dengan pengecetan pada beberapa komponen mesin seperti pada gambar diatas.

Sebagai penutup, diecast buatan FRR sesuai dengan logonya benar-benar memiliki kualitas premium dengan harga terjangkau. Meskipun untuk mendapatkannya masih harus mengimport dari luar (Ebay ataupun webstore online) dan pilihan mobil polisi hanya yang beredar di Kepolisian Amerika saja.

Bonus Gambar:
 


Referensi:
http://firstresponsereplicas.com/default.asp



Komentar

Most Popular Posts