Review Singkat Siku 1:55 Police Car

Tulisan pertama di tahun 2015 adalah review singkat salah satu merk diecast yaitu SIKU. Mungkin merk ini kurang terkenal di kalangan Diecaster karena penyebarannya yang hanya terdapat di toko mainan tertentu saja. Sebelum membahas diecast yang akan saya ulas, sedikit sejarah tentang SIKU yang saya ambil dari website: http://www.siku.de/en/siku/company.html. SIKU didirikan oleh Sieper GmbH is a German small business (SME), pada tahun 1921 yang berkantor pusat di Lüdenscheid, Jerman. Perusahaan mainan yang memproduksi mobil diecast, remote-control dan produk mainan lainnya sekarang dijalankan oleh generasi ke-4 dan memiliki pabrik di beberapa negara seperti China, Meksiko dan Jepang. Untuk diecast sendiri, SIKU banyak mengeluarkan produk di skala 1:32, 1:50, 1:55 dan 1:87. Seperti halnya HotWheels yang banyak mengeluarkan replika mobil Amerika dan Tomica mobil Jepang, maka SIKU banyak mengeluarkan mobil dari pabrikan Jerman seperti VW, Audi, BMW dan Mercedes Benz.

Siku World salah satu produk dari SIKU
Dua diecast yang saya bahas secara singkat adalah Siku 1:55 VW Beetle Police dan Siku 1:55 Audi A4 Avant Police. Karena saya masih mencoba fokus mengkoleksi mobil-mobil polisi he..he..he..

Siku 1:55 VW Beetle Police (New Beetle Polizei)
Kemasan Siku New Beetle Polizei (1361)
 Untuk kemasan cukup ringkas dan ekonomis dengan plastik blister tebal. Selain diecast terdapat bonus brosur kecil yang berisi katalaog produk di tahun yang sama. Harga per unit sekitar Rp. 45.000,- dari Toystore Toys Kindom.
Tampilan eksterior
Catatan kecil saya mengenai diecast produk Siku adalah finishing untuk casting mobil masih terlihat kasar dibeberapa titik/bagian. Sebagai contoh pada area jendela mobil terlihat kasar dan ini mungkin sedikit berbahaya jika dimainkan oleh anak-anak (bisa melukai tangan).
Tampilan Depan-Samping
Tampilan Belakang
Tampilan Samping
 Untuk lampu depan polos dan belakang di cat merah. Untuk ban sudah menggunakan ban karet dan cat body cukup baik tidak kalah dengan merk diecast lainnya.
Bagian Interior
Seperti halnya Tomica, SIKU memiliki fitur pintu dapat dibuka serta memiliki cetakan interior yang cukup sederhana.
Bagian Bawah Terdapat Info Tambahan
Yang membedakan SIKU dengan merk diecast lainnya menurut saya adalah adanya info tambahan mengenai spesifikasi mobil asli dari diecast yang dibuat pada bagian plastik base mobil. Sebagai contoh, untuk VW New Beetle diatas tercetak info 115 ps (kekuatan mobil), 185 km/h (top speed), 4 zyl (mesin 4 silinder?), 1994 ccm (kapasitas mesin), 5200 U/min (putaran mesin?).

Siku 1:55 Audi A4 Avant Police
Kemasan Blister (1365)
Tampilan Eksterior
Tampilan dari Samping
Untuk kemasan blister tidak ada perbedaan dengan VW diatas, begitupun dengan casting bodi mobil masih ada finishing sedikit kasar di beberapa titik.
Tampilan Depan
Tampilan Belakang
Model Audi A4 diatas memiliki lampu depan dan belakang dari mika (bukan cat seperti model VW) sehingga terlihat lebih realistis.
Tampilan Interior
Tampilan Bawah Beserta Info Tambahan
Tampilan interior mencoba meniru desain dari mobil asli dan memiliki info spesifikasi seperti: 180 ps, 130 KW, 4000 U/min, 2496 ccm, 223 km/h, dan 6 zyl.

Kelebihan dari 2 diecast yang saya ulas di atas diantaranya harga terjangkau, ban karet, beberapa model lampunya dari mika, info tambahan di base plastik dan pintu dapat dibuka. Sedangkan kekurangannya adalah peredaran produk masih terbatas, kualitas casting body masih sedikit kasar dan varian diecast masih sedikit (terlalu dominan mobil eropa). Bagi yang ingin mencari alternatif koleksi diecast diluar merk terkenal seperti HotWheels, Tomica, dan Matchbox, SIKU bisa menjadi pilihan bagi kolektor yang menyukai mobil Eropa terutama dari penggemar mobil keluaran pabrikan Jerman.

 

Komentar

Posting Komentar

Most Popular Posts