Berburu (Hunting) Hot Wheels Livery -Part 1

Sudah lama tidak posting mengenai diecast ^_^, tulisan kali ini akan membahas singkat mengenai Hot Wheels Livery. Istilah HW Livery (menurut saya pribadi) yaitu HW yang tampo di body mobilnya terdapat sponsor atau merk. Salah satu pengertian livery adalah warna atau desain unik yang dipakai oleh perusahaan produk, kendaraan, dsb (merriam-webster.com).  Mengumpulkan HW Livery ini awalnya dikarenakan selalu gagal hunting HW idaman (seperti Datsun, Ferrari, Civic ,apalagi Ecto-1) dengan harga gantungan T_T, dimana secara tidak sengaja melihat beberapa diecast HW memiliki desain tampo (body) yang menarik. HW Livery ini biasanya didominasi oleh mobil-mobil Amerika khususnya dari keluarga mobil berotot (muscle car). Karena penasaran, saya mencoba menelusuri arti/sejarah dibalik desain livery pada HW yang saya beli. Foto saya ambil dari internet (beserta sumbernya). Info livery yang saya tamilkan hanya sebatas koleksi HW yang saya miliki :D

Contoh Hot Wheels Livery
Hot Wheels '10 Ford Shelby GT500 K&N dan
Hot Wheels Dodge Viper SRT10 ACR SpeedHunters
(Sumber: http://lamleydlm.blogspot.com)
Hot Wheels Nissan 370Z-GReedy

HW Nissan 370Z-GReedy
(Sumber: Ebay.ca)
GReedy didirikan pada tahun 1977 di Jepang dan sekarang terkenal sebagai penghasil produk auto part berperforma tinggi seperti exhaust systems, turbo kits, cooling systems, clectronics dan aksesoris mobil lainnya, terutama yang menginginkan mobilnya bercita rasa mobil balap. Saya pertama mengenal GReedy kalau tidak salah dari game komputer Need For Speed Undergorund, dimana di game balapan liar tersebut kita bisa mengupgrade mobil dengan berbagai merek dan aksesoris pendukungnya dengan tujuan mendongkrak performa mobil selama balapan (nostalgia masa-masa manjadi gamer kambuhan hehehe). Livery GReedy dipasangkan di mobil Nissan 370Z menurut saya sudah cocok karena mencerminkan sama-sama produk Jepang :D (http://www.greddy.com)

Hot Wheels Dodge Viper SRT10 ACR dan '12 Camaro ZL1 Concept-Speed Hunters

HW '12 Camaro ZL1 Concept-Speed Hunters
Speed Hunters ( http://www.speedhunters.com/) merupakan salah satu website car culture favorit yang sering saya kunjungi. Web portal yang khusus membahas mobil-mobil keren dari semua merk dan berbagai berita event balapan,  didukung dengan foto-foto berkualitas tinggi sangat memanjakan pengunjungnya. Web ini cocok bagi Diecaster yang memiliki hobi mengkustom diecast kaena banyak foto modifikasi mobil yang bisa dijadikan referensi. Hot Wheels memilih Dodge Viver SRT dan Camaro ZL1 Concept sebagai representasi dari SpeedHunters karena kedua mobil tersebut benar-benar mobil cepat yang layak diburu (oleh kamera).

HW '68 Plymouth Barracuda Formula S-Mopar

HW '68 Plymouth Barracuda Formula S-Mopart
Mopar yang berasal dari dua suku kata 'Motor' dan 'Part' merupakan anak perusahaan dari Fiat Crysler yang memproduksi spare part, layanan servis untuk kendaraan yang diproduksi oleh dua perusahaan diatas (www.mopar.com). Khususnya untuk merk Dodge, Chrysler, Plymouth, Imperial, DeSoto, Jeeps dan Fiat. Kata Mopar mulai dikenal sejak tahun 1929 dan dikenalkan sebagai sebuah merk pada tahun 1939. Mopar juga menjadi sponsor event balapan seperti:  NASCAR Camping World Truck Series, Sprint Cup Series, NHRA drag dan Formula Drift (Sumber: Wiki). Livery Mopar banyak ditemui pada diecast HW, yang saya miliki baru 68 Playmouth Barracuda diatas (harus hunting lagi T_T).

 HW '14 COPO Camaro

HW '14 COPO Camaro
(Sumber: www.amazon.com)
COPO singkatan dari 'Central Office Production Order' mobil yang diproduksi secara spesial oleh Chevrolet di tahun 1960-an untuk deler mobil yang memesan spesifikasi khusus pada mobil produksi tertentu sehingga mobil tersebut tidak akan ditemukan di deler lainnya (unik). Yang pertama kali terkenal adalah ZL-1 COPO Camaro yang dibangun pada tahun 1969. Pada awalnya COPO Camaro ini dibuat untuk mengikuti ajang balapan drag di kelas HRA's Stock Eliminator dan Super Stock. Setelah diperkenalkan sebagai mobil konsep pada gelaran SEMA Motor Show di tahun 2011, program COPO Camaro terus dikembangkan sampai dengan tahun ini menggunakan seri Camaro terbaru yang menjadi bintang di film Transformers.(https://www.chevrolet.com/performance/copo-camaro.html).

HW '70 Chevy Camaro RS-Kokomo Fire Dept. Batalion Chef

HW '70 Chevy Camaro RS
(Sumber: kokomotribune.com)
Saya pikir awalnya Kokomo itu merk dari Jepang (makanya jangan dipikir, tanya Mbah Google), setelah bertanya sama Simbah, ternyata Kokomo adalah sebuah kota keci di negara bagian Indiana, Amerika Serikat. Kokomo mulai terkenal setelah ditemukannya sumber gas alam yang kemudian menjadi booming di akhir tahun 1880-an yang pada akhirnya juga menarik industri otomotif untuk mendirikan berbagai fasilitas produksi di kota ini. Konon katanya banyak sekali inovasi di bidang teknik dan rekayasa industri mobil bermula dari kota Kokomo yang membuatnya dijuluki sebagai "City of Firsts". Jadi sebagai tribut untuk kota Kokomo, Hot Wheels membuat diecast dengan livery khusus pemadam kebakaran dengan memilih 70 Chevy Camaro RS sebagai mobil komandannya. Sebetulnya saya sempat mencari di Simbah, apakah ada korelasi antara Chevy Camaro dengan Damkar kota Kokomo? Sayangnya Simbah belum mau menurunkan wangsitnya...

Bersambung ...





Komentar

Posting Komentar

Most Popular Posts