Review Singkat: Notebook Lenovo B40

Review singkat yang akan saya bahas kali ini adalah notebook seri budget dari Lenovo yaitu Lenovo B40. Notebook ini dibeli dengan harga Rp. 4.499.000,- dari salah satu toko komputer online terkenal.  Notebook ini termasuk jajaran notebook low-end kalau dilihat dari segi harga. Pertama kali saya tertarik dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh Lenovo B40 dikarenakan diperkuat oleh prosesor AMD A6 QuadCore, RAM 4 GB dan VGA Ati Radeon R4. Jarang sekali notebook dikisaran 4 juta-an diperkuat memori (RAM) 4 GB, kebanyakan biasanya 2 GB (itu juga belum dipotong memori VGA onboard :D).

Tampilan Lenovo B40-45
(Sumber: lenovo.com)
VGA Onboard 128 Bit Plus Login Finger Print
Selain mendapatkan bonus tas laptop, kejutan lainnya adalah terdapatnya fitur login menggunakan finger print scan dan VGA Ati Radeon R4yang  ternyata memiliki bus width sebesar 128 bit! Biasanya (lagi) laptop dibawah harga 5 juta-an banyak dibekali VGA onboard 64-bit, cukup untuk bermain game ringan, nonton film dan nonton video online. Keuntungannya tentu saja jalur data lebih lebar sehingga bandwith memori menjadi lebih besar yang akan meningkatkan performa dari komputer itu sendiri. Berikut spesifikasi VGA onboard Ati Radeon R4 berdasarkan hasil analisa GPU-Z:

Spesifikasi VGA Onboard Ati Radeon R4 (GPU-Z)
Memory size diatas tidak terdeteksi karenakan mengambil dari memori utama (RAM). Memori VGA-nya sendiri mengambil jatah memori RAM sebesar 1 GB. Laptop yang saya beli sudah diupgrade memorinya menjadi 8 GB DDR3, yang sayangnya meskipun kedua slot terisi memori 2x4 GB ternyata hanya berjalan pada single-channel bukan dual-channel. Berikut hasil analisa aplikasi CPU-Z untuk memori:

Memori RAM bedasarkan analisa CPU-Z
Berikut spesifikasi proesor AMD A6:

Spesifikasi prosesor AMD A6-6310 (CPU-Z)
Kecepatan prosesor Quad Core (berinti-4) AMD A6-6310 dipatok pada 1800 Mhz yang dapat berubah sesuai dengan aplikasi yang dijalankan. Berikut ringkasan dari spesifikasi hardware yang diambil dari aplikasi Speccy:

Spesifikasi Lenovo B40
Windows Original dan Bonus Aplikasi
Lenovo B40 sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 8.1 64-bit Bing Edition (sepertinya setara dengan home-edition). Tentu ini sangat melegakan sehingga tidak perlu membeli lagi sistem operasi atau menginstal windows bajakan hehehehe... Masih belum cukup? Lenovo bermurah hati memberikan aplikasi gratis seperti Cyberlink PowerDVD (aplikasi legendaris pemutar film VCD/DVD), Cyberlink Power2Go (untuk mem-burning data, hampir sama dengan aplikasi Nero), Cyberlink Power Director (untuk mengedit foto dan video) dan seabreg aplikasi bawaan Lenovo yang menurut pendapat saya paling bermanfaat adalah aplikasi 'Lenovo Start Menu' yaitu utility pengganti start menu (yang secara aneh) dihillangkan dari Windows 8.1. Ssebenarnya terdapat juga pre-install MS Office, hanya harus melalukan aktivasi online (mungkin harus beli lisensi) untuk dapat menggunakannya.

Lenovo Start Menu pengganti menu Windows yang 'lenyap' di Windows 8
Kinerja, Game dan Benchmark
Untuk kinerja laptop ini bisa diajak ngebut (apalagi memorinya sudah diupgrade ^_^v). Saya gunakan untuk desain grafis menggunakan Photoshop dan CorelDraw serta membuat video tidak ada hambatan yang berarti. Sedangkan untuk bermain game, yang baru saya coba adalah game balapan agak lawas yaitu Dirt 2 yang dirilis tahun 2009. Game berjalan dengan mulus tanpa mengalami lag meskipun semua saya setting 'High'. Sayangnya saya belum sempat mengcapture videonya pada saat memainkan game ini. Untuk hasil banchmark menggunakan aplikasi NovaBench sebagai berikut:

Hasil benchmarking menggunakan NovaBench
Poinnya kurang maksimal pada memori (kerena berjalan pada single-channel) dan kecepatan transfer data hardisk. Uji benchmark 3D menggunakan aplikasi Unigine Heaven Benchmark yang benar-benar menguras tenaga VGA dengan settingan dibawah ini:

Settingan benchmark Unigine Heaven Benchmark 4.0
Dengan hasil tes sebagai berikut:

Hasil benchmark Unigine
Tentunya hasil diatas masih cukup jauh dibawah standar kenyamanan memainkan game 3D berbasis DirectX 11 (minimal 14 FPS dan normalnya diatas 24 FPS). Tetapi untuk game menggunakan teknologi DirectX 10 kebawah masih cukup nyaman (contohnya Dirt 2).

Colin McRae: Dirt 2
 Untuk daya tahan baterai sekitar 1,5 jam pemakaian normal. Untuk port disediakan, 2 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, 1 x HDMI, 1 x VGA, 1x SD Card dan 1x 3,5 audio. Untuk desain dan bahan menggunakan plastik dengan finishing dop dan sayangnya menurut pendapat saya kualitas plastik yang dipakai terkesan 'murah'  meskipun desain keyboard sudah berbentuk chicklet. Mungkin bahan material plastik yang digunakan untuk menekan harga jual supaya tetap terjangkau.

Kesimpulan: Murah yang Tidak Murahan
Dengan harga 4,5 juta Lenovo B40 menawarkan performa notebook lumayan kencang yang dibundle dengan sistem operasi Windows 8 dan bonus berbagai aplikasi 3rd-party, menjadikannya (menurut pendapat saya) adalah calon notebook sejuta umat bagi mereka yang mencari notebook terjangkau dengan kinerja cukup cepat dan fitur melimpah.

Plus:
  • Harga terjangkau
  • Kinerja cukup cepat (Prosesor Quad Core + Memori 4GB-default)
  • VGA Onboard Ati R4 (128bit) bisa diajak main game 3D dengan setting normal-tinggi (terutama game DirectX 10 kebawah)
  • Bundle Windows 8.1 + bonus aplikasi
  • Fitur keamanan login finger print scan
 Minus:
  •  Memori hanya bekerja pada mode single-channel
  • VGA Onboard belum cukup kuat diajak bermain game 3D kelas berat (Game DirectX 11)
  • Material plastik terkesan 'murahan'

Komentar

Most Popular Posts