Reviews: Welly 1:60 Toyota Kijang Innova

Reviews singkat diecast kali ini datang dari merk Welly dengan model mobil keluarga legendaris Indonesia yaitu Toyota New Kijang Innova. Pertama kali cukup kaget juga mendapatkan model ini dari toko stationery dengan harga per-unit Rp 19.900,-. Sebelumnya saya memang belum pernah melihat diecast model Toyota Kijang, yang saya tahu adalah model Toyota Avanza Veloz yang dikeluarkan oleh Tomica. Model Toyota Innova yang dibuat oleh Welly sepertinya mengambil dari Kijang Innova tahun 2013 (Wiki-Toyota Innova). Selain mengeluarkan dalam skala 1:60, tersedia juga dalam skala 1:32 yang pintunya bisa dibuka.

Welly 1:60 Toyota Kijang Innova
Mengubah Persepsi
Jujur saja, selama ini saya mengaggap diecast keluaran Welly memiliki kualitas jauh dibawah merek diecast terkenal di rentang harga yang hampir sama seperti Hot Wheels dan Matchbox. Tetapi setelah membeli seri Toyota Kijang ini, terlihat usaha perbaikan kualitas terutama pada bahan (casting) dan detail mobil meskipun skala 1:60. Sebagai contoh adalah adanya spion yang meskipun ukurannya mungil tapi masih proporsional dengan ukuran mobilnya. Dengan harga 20-ribuan, kualitasnya sudah hampir mendekati Tomica yang harganya bisa 2x lipat.

Detail kecil cukup diperhatikan oleh Welly
Kembali ke Kijang Innova, saya cukup terkejut dengan detail yang berhasil dipresentasikan oleh Welly pada model ini. Baik eksterior maupun interior mendapatkan sentuhan detail yang tinggi jika dibandingkan dengan harganya, meskipun untuk lampu belum menggunakan mika. Memang masih terdapat bagian yang castingnya cukup kasar terutama pada area jendela dan cat merintis di bagian kap atas mobil serta sedikit cat lampu belakang nempel di bodi serta suspensinya tidak bisa dimainkan. Dibagian belakang, meskipun terlihat kabur tercetak nama mobil beserta tipenya yaitu Kijang Innova 2.0 G. Hal lain yang saya sukai adalah packing-annya yang menggunakan box bukan blister, sehingga bisa dibuka dan disimpan kembali tanpa takut merusak kemasannya (maklum penganut aliran blisteriyah he..he..he..)

Bagian belakang tercetak model mobil
Kesimpulan
Model Welly Kijang Innova bisa dibilang menghapus stigma/sentimen negatif terhadap merek Welly mengenai kualitas diecast keluaran mereka. Dengan harga sekitar 20-ribuan kita bisa mendapatkan model diecast yang kualitasnya cukup bagus dan detail yang tinggi. Well Done Welly! Kayaknya saya akan hunting lagi model lainnya, karena merk favorit saya harganya semakin hari semakin naik saja kelihatannya he..he..he..

Disclamer (mirip reviewer mobil):
Diecast ini dibeli pribadi bukan merupakan unit pinjaman dari ATPM diecast. Semua opini dibuat tanpa paksaan dan tekanan dari pihak manapun 😅 Sampai jumpa di review berikutnya.

Bonus:




" Kijang Memang Tiada Duanya"


Komentar

Most Popular Posts