Balada Ukuran Diecast Skala 1:64

Pada saat pertama kali mengkoleksi diecast skala 64, yang saya ketahui masih sebatas merk Hot Wheels dan Matchbox saja. Karena 2 merk inilah yang paling banyak dijumpai khususnya modern store seperti Matahari dan Sogo. Setelah mengenal toys store dan informasi dengan rajin datang ke gathering maupun forum diecast, akhirnya saya mengetahui lebih banyak mengenai merk diecast khususnya skala 1:64 lainnya seperti Tomica, Jada Toys, Greenlight, M2M, Majorette, dan merk lainnya. Tulisan kali ini saya lebih menyoroti perbedaan ukuran diecast skala 1/64 yang kadang suka beda proporsional model mobilnya. Sekali lagi ini adalah opini pribadi dan bisa saja ada pembaca yang tidak setuju dengan tulisan ini.
Diecast skala 1:64 dan aksesoris diorama
Sumber: https://fairfieldcollectibles.com


Kenapa dengan skala 1/64 ini terdapat berbagai persepsi berbeada? Mungkin karena standar ukuran bagi setiap pabrikan dieacast mengacu pada standar masing-masing. Sebagai contoh kita ambil dari Jada Toys. Ukuran diecastnya meskipun menurut informasi dari websitenya adalah skala 1:64 tetapi ukuran mobilnya lebih besar dari merk lain seperti Hot Wheels, Matchbox, dan Tomica. Beberapa kolektor luar menyebutkan bahwa Jada berukuran 1:55 bukan 64. Ukuran yang mendekati Jada adalah Siku dengan skala 1:55.

Jada Toys 1:64 (ditandai kuning)
Sumber: http://www.jadatoysinc.com

Dibawah ini adalah perbandingan Jada 64 dengan Hot Wheels 64 yang diambil dari website https://captainapathy.files.wordpress.com/2011/01/diecast_scale1.jpg :

Perbedaan ukuran Jada dan HW
Kenapa ukuran menjadi penting meskipun skalanya sama-sama 1:64? Pada saat kita ingin membuat diorama 😁 Jika ingin membuat diorama hanya dari 1 merk yang sama atau berbagai merek yang masih seukuran (misalkah HW dan Mbx) maka tidak akan terlalu bermasalah. Tetapi jika ingin menggabungkan 2 merek yang 1 skala tapi beda ukuran baru akan terlihat 'aneh'.  Misalkan sama-sama mobil sedan tapi yang satu ukurannya lebih kecil atau sebaliknya. Atau menggunakan truk transporter milik Jada 1:64 tentu akan aneh jika yang diangkut adalah mobil HW karena proporsional mobilnya tidak sama. Menurut pengamatan saya, berikut adalah diecast yang masih 1 kelompok ukuran di skala 64 (mohon dikoreksi jika salah):
  • Hot Wheels, Matchbox, M2M, Greenlight, Majorette, Johny Lightning
  • Tomica, Autoworld, Autoart
  • Jada Toys, Siku

Komentar

  1. M2m juga kayaknya lebih gede dari hotwheels gan aaya punya itu 2 merek dan aneh kalo di jejerin malah kayaknya m2m lebih mirip jada ukurannya maaf kalo salah thx gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih masukannya Om Akshay, ternyata M2M itu lebih besar dari HW ya. Maklum dulu pernah punya tapi sudah pindah garasi heheheh

      Hapus
  2. Saya kadang bingung baca dari produk jada toys.. ada yg bilang 55 dan ada yg bilang 64.. tapi ukurannya sama ya om ? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Om rendra, meskipun sama2 ukuran 64 tetapi ukuran real mobilnya beda (lebih besar jada) hehehehe

      Hapus
  3. Mnding Majorette. Lbh fair. Krn di bwhnya trtulis ukuran skalanya.

    BalasHapus
  4. Om klo di indo skala 1.32 jada,welly,kinsmrt ya om? Oia apa ada skla 1.24 nya welly atau kinsmrt om?

    BalasHapus
  5. Merk apa ya yg benar2 konsisten pakai skala 1:64 untuk semua jenis kendaraan. Hotwheels itu kan nggak sama skalanya antara kendaraan besar dan kecil.

    BalasHapus
  6. Dear All, yang real 1:64 Mini GT / Merk Master itu fair 1:64

    BalasHapus
  7. Ya kalau mau real 1:64 pilih Kyosho, ignition model
    kalau 1:18 saya lebih prefer ke autoart

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Popular Posts