Uji Coba Diecast: Custom Box Hot Wheels

Gara-gara Si Komo Lewat ... eh menyimpan koleksi Hot Wheels di tempat yang salah (lembab), maka beberapa blisternya mengalami kerusakan khususnya pada bagian karton yang jadi rapuh dan menyisakan embun didalam blister plastiknya. Walhasil dengan terpaksa harus saya loose daripada merusak cat mobilnya. Sebenarnya packing diecast yang paling saya sukai adalah seperti Tomica Box, dimana kita masih bisa membuka, memegang, memfoto, kemudian memasukan kembali sang mobil model tanpa harus khawatir merusak box-nya.  Dan mobil pun masih bisa diklaim MiB (Mint in Box). Karena terinspirasi dari Tomica Box, pada uji coba diecast kali ini saya mencoba membuat custom box untuk Hot Wheels mirip box diecast matchbox.

Matchbox Lesney Edition
Sumber: http://www.matchbox-dan.com/le/le-2011-15.html
Yang pertama kali saya lakukan adalah mencari referensi pola box beserta ukurannya. Tentu saja ukurannya berbeda-beda menyesuaikan bentuk mobilnya. Jika mobil sedan maka ukuran box-nya juga harus lebih kecil dibandingkan mobil truk atau van misalnya. Contoh mobil yang saya gunakan untuk uji coba adalah Hot Wheels Highway Hauler 2. Berikut adalah contoh dan desain pola menggunakan software Corel Draw:

Contoh Pola Matchbox
Sumber: http://www.planetdiecast.com/
Pembuatan Pola dengan menyesuaikan ukuran dari HW Highway Hauler 2

Untuk HW Highway Hauler 2, ukuran dimensi box-nya adalah sekitar 82 x 43 x 41 mm. Selanjutnya pola dasar diatas di ekspor menjadi file PNG untuk diedit di Photoshop. Sebenarnya bisa saja menambahkan detail menggunakan Corel, tapi saya masih lebih familiar dengan Photoshop untuk editing grafik.Untuk memudahkan pengeditan gambar, setiap sisi (ada 6 sisi) dibuatkan folder pada layer sehingga pemilihan area yang sedang diolah lebih gampang. Untuk gambar masih saya andalkan dari Mbah Google berhubung masih uji coba dan belum ada waktu untuk membuat pola sendiri (a.k.a malas 😅). Berikut penampakan pola di Photoshop:

Pembuatan pola grafik untuk semua sisi
Langkah berikutnya adalah mencetak dan memotong sesuai dengan pola box yang sudah dibuat. Untuk kertas box-nya saya coba menggunakan kertas A4 foto glossy 220 gr dan printer warna ink jet. Karena mencari kertas karton yang mendekati box tomica/matchbox belum dapat (mohon infonya kalau menemukan kertas karton A4 seperti Tomica Box). Berikut hasilnya:

Bentuk box setelah dirakit
 Menurut saya kertas foto 220 gr sudah cukup memadai dimana berat diecast tidak sampai membuat box berubah bentuk. Tapi pada bagian depan (front) jika sering tutup/buka membuat penutupan box menjadi kurang sempurna. Sepertinya untuk kertas foto/art karton mungkin akan lebih baik hasilnya jika diatas 260 gr dan diberikan lapisan (coating) transparan. Sekian uji coba diecast kali ini, sampai jumpa di uji coba berikutnya (kalau ada 😊 )

Bonus gambar:

Akhirnya punya garasi lagi 😆
Jauh dari sempurna, tapi lumayan lah he..he..he..
Yang penting logo Hot Wheels jangan sampai ketinggalan
Tidak cocok untuk anak dibawah 3 tahun!

Komentar

Most Popular Posts