Namebench - DNS Benchmark Utility dari Google

Namebench, sebuah program utility yang dibuat oleh raksasa internet Google, akan mencarikan DNS server yang memberikan respon tercepat pada saat kita mengirim permintaan suatu alamat di internet.
Setiap pengguna internet pasti menginginkan akses paling cepat pada koneksi komputernya, termasuk para administrator jaringan. Berbagai tweak dilakukan baik pada sistem operasi maupun menginstal berbagai macam program atau plug-ins supaya akses internet menjadi lebih cepat. Salah satu cara tersebut ialah dengan mencari informasi terdekat pada sebuah alamat internet yang dituju. Analogi sederhananya seperti ini:
Misalkan saya dari Jakarta akan pergi bertamasya naik bus ke kota Yogyakarta. Dari Jakarta tentu banyak jalan yang dapat dipilih untuk menuju  ke Yogya, bisa melalui pantura Cirebon-Semarang (jalur utara) atau melalui bandung-cilacap (jalur selatan) atau mungkin juga ada jalur alternatif lainnya yang lebih cepat menuju ke kota tujuan. Mencari informasi jalur mana terdekat dan tercepat menuju ke Kota Yogyakarta akan sangat bermanfaat supaya perjalanan lebih cepat serta lebih efisien.
Namebench, sebuah program utility yang dibuat oleh raksasa internet Google, akan mencarikan DNS server yang memberikan respon tercepat pada saat kita mengirim permintaan suatu alamat di internet. Misalkan kita mengetikkan: www.google.com. Maka informasi akan dikirim ke DNS serever untuk mencari alamat IP dari domain google.com tersebut. Namebench akan mencari DNS Server tercepat yang merespon terhadap permintaan alamat google tersebut. Namebench akan mengirimkan contoh request ke berbagai DNS server yang ada di dunia dan menunggu respon mana yang paling cepat kemudian dibuat rangkingnya. Aplikasi Namebench tersedia untuk windows, linux dan apple yang dapat didownload di: http://code.google.com/p/namebench/.

Berikut contoh tampilan dari namebench yang diambil dari situs resminya:
Contoh menjalankan aplikasi namebench di mac
Tes respon berbagai DNS Server
Namebench berbasiskan command line di linux

Bagaimana Menggunakan Namebench ?
Pada tulisan selanjutnya akan saya jelaskan penggunaan aplikasi DNS hunter ini ^_^


Komentar

Most Popular Posts