Program Gratis Top (Top Freeware) untuk Windows Bag-1

Menggunakan sistem operasi Windows memang cukup menyenangkan. Selain sistem operasi ini paling banyak digunakan (baik berlisensi maupun bajakan) juga banyak didukung berbagai program aplikasi mulai dari yang Rp.0,- (alias gratis/free) sampai yang harganya puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Kali ini saya mencoba menginformasikan beberapa program aplikasi gratisan yang sangat direkomendasikan untuk diinstal pada komputer windows anda.

Sistem operasi windows memiliki banyak aplikasi program yang berlisensi gratis untuk digunakan. Saya mencoba mengambil beberapa diantara ribuan aplikasi gratis yang dapat membantu pekerjaan sehari-hari yang saya bagi menjadi beberapa kategori yaitu:
  • Utilities: program aplikasi yang membantu menjaga serta meningkatkan kinerja windows
  • Security: program aplikasi untuk menjaga kemanan dari serbuan virus, malware, torjan, dsb
  • Multimedia: program aplikasi untuk memutar musik, film sampai editing foto sederhana
  • Office: program aplikasi perkantoran yang digunakan sehari-hari
  • Internet: program aplikasi untuk aktifitas yang berhubungan dengan internet
  1.  Utilities
    Beberapa aplikasi freeware yang saya rekomendasikan untuk diinstall pada kategori utilities ini adalah:
    • 7-Zip (http://www.7-zip.org/)
      Aplikasi ini bekerja seperti program winzip/winrar dengan ukuran file lebih kecil dan lebih ringkas. Mendukung format kompresi seperti 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP, RAR, WIM, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR & Z. Ukuran file instalasi sekitar 1 MB.
      7-Zip File Manager
    • CCleaner (http://www.piriform.com/CCLEANER)
      Aplikasi ini bisa disebut sebagai "tukang bersih-bersih"-nya sistem windows. CCleaner dapat menghapus berbagai macam file sampah windows dan dan jejak pada browser. Selain itu juga dilengkapi dengan pembersih registry dan un-instaler program.
      CCleaner
    • Speccy (http://www.piriform.com/speccy)
      Masih aplikasi buatan pirifrom, aplikasi ini berguna untuk menampilkan informasi perangkat keras (hardware) yang ada di komputer kita. Seperti informasi prosesor, hardisk, mainboard, VGA dan sistem operasi yang digunakan. Meskipun banyak aplikasi lain yang lebih lengkap modulnya tetapi saya lebih suka Speccy karena mudah & ringan.
      Speccy
    • SmartDefrag (http://www.iobit.com/iobitsmartdefrag.html)
      Aplikasi buatan Iobit ini bertugas untuk merapikan susunan folder dan file pada hardisk. Semakin sering kita berkerja dengan windows, tanpa disadari susunan file maupun folder akan semakin tidak tertata dengan baik oleh sistem. Tugas SmartDefrag untuk menata kembali susunan folder dan file sehingga bisa diakses lebih cepat kedepannya.
      Proses Defrag oleh SmartDefrag
  2. Security
    Aplikasi keamanan untuk menjaga windows tentu sangat diperlukan, mengingat sistem operasi ini terus-terusan menjadi sasaran serangan virus, trojan, malware, dsb. Menggunakan windows tanpa perlindungan program antivirus sama seperti menempati rumah tanpa penjagaan. Berikut beberapa program kemanan yang saya pilih untuk menjaga windows anda:
    • Avira Antivir (Avira) atau AVG Free (AVG)
      Silahkan instal salah satu antivirus diatas untuk mengawal sistem operasi windows anda. Antivir maupun AVG memiliki kemampuan yang baik dalam mendeteksi varian virus serta ditunjang oleh update database virus yang cepat dan lengkap.
      Avira Antivir
      AVG Free
    • Smadav (http://www.smadav.net/)
      Antivirus asli buatan anak bangsa ini cukup ampuh dalam membasmi berbagai varian virus lokal. Jika tidak keberatan, anda bisa melakukan donasi berapapun dan akan mendapatkan lisensi Smadav Pro dari developernya.
      Smadav-Antivirus buatan lokal
  3. Multimedia
    Mendengarkan musik, mononton lagu dan mengedit foto adalah sebagian dari kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh setiap pemilik komputer baik itu komputer PC, laptop maupun netbook. Berikut beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk keperluan tersebut:
    • Winamp (www.winamp.com/)
      Pemutar musik paling populer ini, tetap saya rekomendasikan karena selain didukung ribuan plug-ins dan skin-themes yang keren juga masih bisa didapatkan secara gratis.
      Winamp dengan skin themes modifikasi
    • VLC Media Player (http://www.videolan.org/vlc/)
      Dikembangkan oleh komunitas open source serta memiliki berbagai fitur canggih seperti mendukung format media MPEG-2, DivX, H.264, MKV, WebM, WMV, MP3, dan format lainnya, juga bisa digunakan untuk menonton video streaming dan mengkonversi berbagai format media.
      VLC menjalankan file avi
    • Photoscape (http://www.photoscape.org)
      Program untuk melihat, mengedit serta mencetak foto dengan tampilan yang sederhana tetapi dilengkapi fitur efek dan editing yang cukup lengkap. Phtoscape juga dilengkapi batch editor untuk melakukan editing foto secara bersamaan.
      Editing foto dengan Photoscape

 Pada kesempatan lain akan dilanjutkan untuk Aplikasi Office dan Internet. (Bersambung ...)

Komentar

Most Popular Posts