Cara Belanja Diecast di Ebay.Com

Logo Ebay.Com
Ebay, merupakan situs lelang online terbesar di dunia ini merupakan surga bagi para kolektor diecast di Indonesia untuk berburu berbagai macam jenis diecast. Biasanya mereka berburu item yang jarang, langka atau bahkan tidak dijual di Indonesia. Saya sendiri sudah sekitar 4 tahun yang lalu berburu (hunting) diecast di Ebay. Biasanya ada 3 cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan item di Ebay yaitu:


  1. Menjadi Member di Ebay.Com
    Menjadi anggota di situs ebay cukup mudah dan gratis. Anda cukup melakukan registrasi seperti halnya membuat akun e-mail. Yang perlu diperhatikan adalah alamat e-mail harus selalu aktif serta alamat rumah/kantor yang jelas dan mudah dijangkau oleh petugas kantor pos untuk prose pengiriman paket dari luar negeri. Pembayaran barang di Ebay biasanya dilakukan melaui kartu kredit atau akun Paypal. Saya pribadi sangat menganjurkan untuk menggunakan layanan Paypal karena lebih aman. Jadi anda harus punya akun di Paypal (www.paypal.com) terlebih dahulu. Memiliki akun paypal sudah tentu anda harus memiliki kartu kredit, karena tagihan pembelian akan dimasukkan ke billing kartu kredit. Disini Paypal berfungsi sebagai 'Jasa Perantara' Seller dan Buyer dalam melakukan transaksi di Ebay seperti halnya "Rekening Bersama (Rekber)" yang banyak dipakai di FJB Kaskus. Terus bagaimana jika tidak punya kartu kredit? Jangan khawatir saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa VCC (Virtual Credit Card) alias kartu kredit virtual yang dapat digunakan untuk registerasi di Paypal. Silahkan buka Google dan ketikan saja "VCC" (tanpa tanda petik) maka akan muncul website yang menawarkan jasa VCC. Perlu diperhatikan kredibilitas penjual jasa VCC tersebut, sebaiknya anda survey dulu dengan menanayakan ke teman-teman yang pernah memakai VCC atau berkunjung ke forum-forum yang membahas tentang VCC, sehingga anda mendapatkan Agen VCC yang benar-benar terpercaya dan dapat divalidasi di situs Paypal.

    Paypal menawarkan transaksi online lebih aman
  2. Menggunakan Jasa Pembelian Online (Internet Buying Agent)
    Cara kedua adalah melalui agen pembelian online.Caranya kita memberikan link item/barang ke agen dan mereka nanti yang akan membelikan produk terserbut, secara singkat prosesnya sebagai berikut:
    • Anda pilih item di ebay kemudian kirim link dari item tersebut ke agen pembelian. Usahakan membeli barang/item dari 1 toko/seller saja supaya menghemat biaya pengiriman. Cari Seller yang bisa melakukan kombinasi biaya pengiriman (combine shipping cost) ke Indonesia
    • Agen pembelian akan menghitung estimasi harga barang+ongkos kirim+biaya jasa pembelian+biaya kirim kelamat anda (tambahan jika barang dari ebay dikirim ke agen dulu terus ke alamat kita, tergantung kesepakatan atau aturan dari agennya)
    • Setelah sepakat, anda transfer uang sejumlah yang diminta oleh agen, kemudian  agen akan membelikan item yang dimaksud.
    Untuk mencari agen pembelian online, cukup buka Google kembali dan ketikkan "internet buying agent" atau bisa kita cari di situs seperti Kaskus dan Facebook. Memang harganya akan jatuh lebih mahal karena adanya biaya jasa untuk agen tersebut. Sistem transaksi ini merupakan bisnis kepercayaan, jadi carilah agen yang benar-benar bisa dipercaya serta memiliki reputasi yang baik sehingga anda tidak tertipu nantinya. Baca dengan teliti aturan main yang dikeluarkan oleh pihak agen dan  selalu cari referensi melalui kawan atau forum untuk mendapatkan agen pembelian terbaik bagi anda.
    Internet Buying Agent, membantu membelikan barang-barang dari luar negeri
    bagi anda yang tidak memiliki kartu kredit/Paypal
  3. Titip Melaui Teman
    Mungkin ini salah stu alternatif yang lebih aman jika ingin membeli barang (diecast) di Ebay. Jika anda punya teman yang sering melakukan transaksi di Ebay, tidak salahnya meminta bantuan teman anda tersebut. Tentu saja keuntunganya biaya yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan memesan melalui agen pembelian online. Karena biayanya bisa dinegosiasikan bersama. Terlebih lagi jika item yang dibeli kebetulan dari seller yang sama, akan ada biaya bersama (sharing cost) untuk menanggung biaya pengiriman paket.
Barang yang dikirim dari seller tergantung pada metode pengiriman yang disepakati pada saat pembelian. Ada kiriman reguler (First/economy Mail) atau prioritas (Priority/express Mail) dan yang lainnya. Biasanya untuk pengiriman reguler memakan waktu 2 s.d 4 minggu. Pengiriman menggunakan pos kilat (proirity mail) lebih cepat sampai tetapi biayanya bisa 2x lipat dari pos reguler. Kenapa pengirimanya bisa lama? Karena paket yang anda beli akan melalui bea cukai dan diperiksa setelah itu baru dikirimkan oleh Pak Poske alamat anda. Dan proses pemeriksaan di bea cukai ini yang (katanya) memakan waktu cukup lama :)

Dikesempatan mendatang,  saya akan menjelaskan beberapa tips dalam berburu diecast di Ebay. Happy Hunting  ^_^

Komentar

  1. Saya sangat bersyukur telah menemukan blok MBAH RAWA GUMPALA dan ternyata apa yang tertulis di dalam blok MBAH,semua itu meman benar-benar terbukti dan salah satunya saya sudah telah membuktikannya sendiri,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaibnya,atas bantuan ini kini aku sudah bankit lagi dan usaha yang dulunya bankrut kini bisa berjalan kembali,berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA kini kehidupan kami sudah jauh lebih baik dari pada sebelumnya,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan budibaik mbah,pesugihan ini adalah pesugihan resmih dan pesugihan ini banyak pilihan misalnya dana ghaib tuyul minyan penarik uabg balik
    Bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085-316-106-111 dan
    pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah

    BalasHapus
  2. Dulu memang kita akan sedikit mengalami kesulitan jika hendak belanja online di ebay. Tapi kini caranya menjadi semakin mudah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Popular Posts