Masalah Kamera Blackberry 9900 Dakota

Beberapa waktu yang lalu, BB Dakota teman saya dikantor bertingkah "aneh". Yaitu selalu membuka aplikasi kamera meskipun sedang dalam keadaan standbye. Apabila mengambil foto maka muncul error: "Another application is using the camera. Could not start the camera". Jurus soft reset dan hard reset tidak mempan. Sebagai staf IT, tentu akan mendapat "jatah" untuk memperbaiki BB dari salah satu varian paling mahal ini. Langkah pertama adalah upgrade OS, hasilnya? Gagal. Error masih muncul T_T

Langkah kedua, berkunjung ke padepokan Mbah Google. Setelah bertapa di berbagai halaman web, akhirnya mendapatkan petunjuk disalah satu forum pengguna BB, bahwa kemungkinan error terjadi pada hardware kamera. Bisa karena terjatuh atau terjepit di tas/saku, sehingga kemungkinan part kamera keluar dari dudukannya. Untuk memperbaikinya cukup sederhana (tapi butuh nyali ^_^) yaitu dengan cara menekan pada bagian kamera (di sekitar optik) secara hati-hati sampai terdengar bunyi "tek" yang menandakan part kamera sudah kembali pada posisinya hehehehe. Kemudian coba lagi aplikasi kameranya, kalau perlu restart bb.Bagi pemilik BB Dakota, saya sarankan jangan memakai soft/hard case yang belakangya plastik supaya kamera tidak tertekan pada saat disimpan :)

Note:
Mohon maaf saya tidak dapat membalas ataupun menjawab pertanyaan mengenai BB Dakota lebih lanjut dikarenakan kebetulan hanya membantu memperbaiki kamera BB milik teman kantor (bukan buka perbaikan handphone he..he...he..)


BB 9900 Dakota: mahal, canggih, elegan tapi ringkih

Komentar

  1. Makasih banget, saya terbantuuu :')
    Alhamdulilah,ini postingan bermanfaat

    BalasHapus
  2. model cantik tapi sanggat tidak bisa diandalkan ketahanan ya rim mmg bodoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe, tidak ada produk yang sempurna. Tapi BB memang selalu menuai kritik lebih banyak daripada smartphone lainnya :D

      Hapus
  3. Thanks broo, saran nya berhasil. .

    BalasHapus
  4. terima kasih sangat2 ya broooooo

    BalasHapus
  5. mohon pencerahan donk gan, bb ane dakota, ini sdh 3hr camera ga bs di pake dgn keterangan tutup semua aplikasi... ane sdh hard reset segala n close smua aplikasim tp msh tetap sama ga bs d gunakan... trs cara buka casing yg pas camera'a gmn gan??
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan baru balas, tidak perlu buka casing cukup ditekan perlahan2 bagian bb belakas seputar area camera.

      Hapus
  6. wuuuuuooooow makasih mas hendra. sy kebantu bgt sm saranya. tengkyuuuuuuu pke bgt ^ ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan keterangannya sangat membantu camera dakota saya akhirnya bisa dipakek •sukses terus ya gan

      Hapus
  7. terima kasih Gan saran'y ... sangat bermanfaat !

    jaya selaluuuuuu (y)

    BalasHapus
  8. Wuiih. Ane baca ane praktekin bisa.. Aduh senangnya.. Makasih gan..sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  9. Wuiih. Ane baca ane praktekin bisa.. Aduh senangnya.. Makasih gan..sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  10. Mhon bantuannya gan
    ane pnya bb montana sma kayak bb dakota camera ane gak bisa malahan isi tulisan : Tidak dapat menjalankan camera , tutup aplikasi lainnya
    gmna caranya gan ? Mohon bantuannya :)

    BalasHapus
  11. Sgt bermanfaat

    Jazakallahu khairan....

    BalasHapus
  12. hp bb 8520 saya gk bisa buka kamera gimana nih gan sudah saya tekan juga gk bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf Gan Stev dan Agan2 lainnya, saya hanya mengoprek BB Dakota saja yang error kameranya. Untuk tipe BB lainnya belum tentu tips diatas bisa digunakan :)

      Hapus
  13. alhamdulillah berhasil bro
    makasi info nya

    BalasHapus
  14. kalo bb dakota make kamera dg flas trs restart sendiri itu knp?

    BalasHapus
  15. Makasih mas hendra yg punya blog ini.. Bb dakota ane jadi berfungsi kembali kameranya..

    BalasHapus
  16. Bos,,,bagi solusi nya nh,yg bner bener mantep,,bwat ngatsi bb bold 9900,,yg nuked

    BalasHapus
  17. Thx bro sarannya berhasil cuma pas saya lepas tekanan yg deket optik langsung blank lagi tpi pas saya coba tekan lagi bisa itu knpa ya bro mhon pencerahannya broo... thx atas saran di atas

    BalasHapus
  18. Thx bro sarannya berhasil cuma pas saya lepas tekanan yg deket optik langsung blank lagi tpi pas saya coba tekan lagi bisa itu knpa ya bro mhon pencerahannya broo... thx atas saran di atas

    BalasHapus
  19. Thx bro sarannya berhasil cuma pas saya lepas tekanan yg deket optik langsung blank lagi tpi pas saya coba tekan lagi bisa itu knpa ya bro mhon pencerahannya broo... thx atas saran di atas

    BalasHapus
  20. sampai bunyi kah gan? kalau kita pencet keras masih ga bunyi gimana?
    gak perlu buka casingkanjadi langsung ditekan dari luar aja

    BalasHapus
  21. bos knp bb dakota saya klo pake kamera flash f aktipin suka mati hp nya?

    BalasHapus
  22. mohon di jawab ini pin saya d49188e6

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Popular Posts