Kamis, 17 Januari 2013

Produk Review: EPSON Inkjet Photo L800

Kali ini saya akan mencoba me-review salah satu printer inkjet photo dari Epson. Meskipun produk printer ini sudah lama beredar di Indonesia dan saya gunakan untuk keperluan mencetak di kantor, baru kali ini terpikirkan untuk memuat review produknya. Siapa tahu dapat bermanfaat bagi teman-teman yang berencana untuk membeli Epson L800.

Epson Inkjet Photo L800

Awalnya saya mencari printer inkjet warna untuk menggantikan HP Deskjet 2400 di kantor yang sudah uzur. Ada 2 hal utama yang menjadi perhatian saya yaitu kualitas cetak dan kepasitas tangki cartridge. Pada awalnya sempat terpikirkan untuk membeli printer inkjet yang bisa dimodifikasi (disuntik) dengan tanki diluar. Tetapi dengan munculnya printer dari Epson yang tangkinya diluar ini, akhirnya saya menjatuhkan pilihanuntuk  membeli Epson Inkjet Photo L800. Lebih aman karena produk resmi sehingga tidak perlu memodifikasi printer dan menghanguskan garansinya.

Untuk kualitas cetak menggunakan kertas foto, tidak perlu diragukan lagi. Hasilnya sangat bagus dan langsung kering. Tetapi kulitasnya menurun jika mencetak menggunakan kertas biasa, dikarenakan terdapat bagian yang tidak tercetak utuh (ada garis yang putus). Dapat dimaklumi sebab printer ini memang dikhususkan untuk mencetak di kertas foto. Sedangkan kecepatan mencetak, jika menggunakan setting-an text+image termasuk standar, tidak terlalu cepat juga tidak terlalu lambat, berbeda apabila menggunakan setting-an kualitas photo atau best photo maka kecepatan mencetaknya menurut saya termasuk lambat.

Jenis tinta yang digunakan oleh Epson L800

Fitur lainnya yang saya sukai adalah dapat mencetak langsung ke kepingan CD/DVD Rom. Epson L800 disertai dengan tray khusus untuk mencetak pada kepingan 2 media diatas. Caranya, pasang kertas stiker untuk label CD/DVD kemudian print menggunakan tray CD dan software bawaan yang disertakan dalam paket pembelian. Jangan langsung mencetak pada kepingan CD/DVD tanpa dilapisi karetas stiker terlebih dahulu karena tintanya tidak akan meresap. Untuk kapasitas cartridge terdiri dari 6 buah tanki yang saya rasa cukup memuasakan. Dalam artian tidak perlu sering mengganti atau mengisi ulang tinta. Paling yang sering cepat habis adalah tinta hitam. Harga untuk 1 botol tinta sekarangharganya berkisar di Rp. 60.000. Jika mengisi semua tinta maka diperlukan sebesar Rp. 720.000. Saya sarankan jangan sesekali menggunakan tinta refill karena bisa membuat selang tersumbat bahkan printer tidak akan mencetak. Selain itu juga setiap isi ulang kita harus memasukkan kode botol tinta yang diisi.

Kesimpulannya, printer Epson L800 sangat cocok bagi anda yang membutuhkan atau sering mencetak menggunakan kertas foto. Jika terlalu mahal dan jarang menggunakan kertas foto, anda bisa membeli adiknya yaitu seri Epson L100, L200 atau L300.

Plus:
  1. Kualitas cetak di kertas foto sangat memuaskan
  2. Harga perbotol tintanya termasuk murah
  3. Bisa mencetak di keping CD/DVD yang telah dilapisi kertas label
  4. Kapsitas cartridge bisa mencetak banyak
Minus:
  1. Kecepatan mencetak pada kualitas fototermasuk lambat
  2. Kualitas cetakan kurang bagus jika menggunakan kertas biasa
  3. Instalasi awal agak rumit
  4. Belum disertai fitur scan dan copy
Diambil dari reviews saya di website: Bhineka.Com

8 komentar:

  1. I'm from Sudan, I want to buy EPSON Inkjet Photo L800
    Address ashraf1913@hotmail.com Tel: +249912233717 - +249123776631 Thank you very much

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello my friends, if you want to buy an Epson L800 maybe you can visit www.ebay.com or www.bhineka.com (this computer webstore in Indonesia). I hope they can help you. Thank you.

      Hapus
  2. mantep gan... jadi pengen beli printer ini. sekarang masih use canon ip2770 buat cetak foto+document. hasil cukup memuaskan. tp tintanya cepet hbs..

    BalasHapus
  3. rencana mau beli juga nih printer Epson L800 .... thanks reviewnya

    BalasHapus
  4. Harga untuk 1 botol tinta sekarangharganya berkisar di Rp. 60.000. Jika mengisi semua tinta maka diperlukan sebesar Rp. 720.000,...
    Emang jumlah tintanya ada brapa cie gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ralat Gan, harga per botolnya yang khusus Epson L800 sekarang sekitar 150rb an per botol. Ada 6 tinta C, M, Y, K, LC, dan LM.

      Hapus
  5. Kira" kalo pake tinta l800 di cetak di kertas silky, bisa tahan berapa tahun ya ? Oh ya kebetulan sy menggunakan l300 dg kertas data print silky/noritsu epson dh hasil akih di semprot pake clear suzuka/pilox u/ mengawetkan hasil cetak bagamana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai kerta silky saya belum pernah coba gan kelie, hanya pernah coba pakai kertas stiker foto terus disemprot pake rj london clear hasilnya lumayan awet.

      Hapus