Tomytec N-Gauge

Posting kali ini diluar pembahasan berbau komputer, yaitu tentang salah satu miniatur model mainan yang dikembangkan oleh Tomytec. Tomytec adalah salah satu perusahaan mainan (hobby) dari jepang yang  merilis model miniatur dikhususkan untuk membuat diorama. Salah satu yang terkenal adalah Seri N-Gauge. Seri N-Gauge sendiri mengacu pada skala miniatur kereta api (train model) mulai dari skala 1:148 sd 1:160. Gauge disini adalah lebar bantalan antar rel (yang dipisahkan oleh balok kalau di jalur kereta api Indonesia) dengan jarak sekitar 9 mm (0.354 in). Tomytec sendiri mengeluarkan skala 1:150 untuk seri N-nya.
Contoh diorama Tomytec
Salah satu keunikan dari Tomytec N-Gauge ini adalah tipe kendaraan yang dikeluarkan kebanyakan beredar juga di Indonesia dalam skala 1:1 nya (kendaraan asli). Meskipun untuk diorama bangunan masih menggunakan desain gedung/rumah ala Jepang. Termasuk aksesoris figurnya pun bergaya Jepang semua. 
Contoh bangunan pom bensi skala 1:150
Contoh figure skala 1:150
Kecil-kecil Cabe Rawit
Meskipun skalanya kecil, untuk detail termasuk sangat bagus. Meskipun harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan ukuran model miniaturnya. Sebagai contoh, untuk satu model bangunan pom bensin diatas bisa sekitar Rp. 100-150 ribu. Untuk kendaraan bervariasi tergantung model. Seperti contoh mobil truk dibawah ini harganya sekitar Rp. 80.000-an per unit. Di Indonesia sendiri model N-Gauge cukp sulit ditemukan ditoko-toko mainan. Saya sendiri biasanya beli dari luar lewat Ebay.Com atau pada saat ada acara pameran mainan dan hobi.
Koleksi truk dan bus Tomytec 1:150 dibandingkan dengan pickup skala 1:64 dari Matchbox
Membangun Kota Mini Impian
Saya tertarik membangun miniatur kota gara-gara pada saat masih sekolah SD (beberapa abad yang lalu ^_^) melihat miniatur pedesaan dan kota yang ada disalah satu pojok ruang guru. Dibuat pada setengah lapangan tenis meja dimana ada rel kereta, rumah, mobil-mobil plastik lengkap dengan lampu dan pohon-pohonnya. Jika saklarnya dihidupkan, maka kereta api akan berjalan mengikuti rel masuk ke gua dan lampu-lampu di rumah serta tiang listrik akan menyala. Sejak saat itu saya memendam impian untuk membuat miniatur kota meskipun tidak akan sebesar diorama di SD dulu hehehehe. Suatu saat mungkin ..... 
Jika ingin mengetahui lebih lanjut dapat berkunjung ke:  Tomytec Diorama

Mini diorama pedesaan


Komentar

Most Popular Posts