Koleksi Diecast: Dari Hobi Sampai Investasi

Hobi mengkoleksi mainan mobil-mobilan yang terbuat dari besi atau campuran besi dan plastik lazim disebut sebagai diecast collector mengalami peningkatan jumlahnya dari tahun ke tahun. Hal ini tidak terlepas dari seringnya berbagai acara/event diadakan diberbagai kota (terutana kota-kota besar) seperti pameran mainan, adanya arena balap (racing) hotwheels dan bertemunya komunitas pencinta mainan dalam acara gathering (sweep meet) yang secara periodik dilakukan.

Contoh diecast & figur skala 1:24 dari Jada Toys dan Homies
Memang kolektor diecast didominasi oleh kaum pria karena mobil-mobilan secara "alamiah" adalah salah satu teman bermain sejak jaman kecil seperti halnya boneka bagi kaum wanita. Saya sendiri sejak kecil memang suka dibelikan mobil-mobilan. Bahkan ibu pernah bercerita, jika saya sakit panas atau demam obatnya adalah dibelikan mobil-mobilan ^_^;. Kegiatan mengumpulkan diecast mulai lagi saya lakukan sejak 5 tahun terakhir ini, setelah secara tidak sengaja melihat forum khusus pencinta diecast (Forum Indodiecast). Diecast pertama yang saya beli adalah Hotwheels 1:64 SoFine dari supermarket Hero. Setelah itu berlanjut ke merk dan skala lainnya seperti matchbox, Tomica, Jada, Minichamps, Kyosho, Corgi, Tomytec, dsb.

Hot Wheels So Fine
Hobi, Investasi, Bisnis & Komunitas
Hobi adalah menjadi alasan utama ketika saya menanyakan kebeberapa teman sesama kolektor diecast. Mengingat masa kecil, mencintai dunia otomotif, belum sanggup beli mobil aslinya, sosialisasi dengan komunitas merupakan sebagian pendapat mengenai tujuan mengkoleksi mainan berbentuk miniatur mobil ini. Namanya juga hobi, berburu berbagai jenis diecast (istilah umumnya hunting) impian atau langka benar-benar sebuah tantangan tersendiri. Apalagi jika suatu item tersebut menjadi banyak incaran sesama kolektor, bisa mendapatkannya merupakan kebanggan tersendiri. Karena itemnya langka (rare) tidak sedikit harga dari sebuah model menjadi melambung tinggi. Hal inilah yang menjadi pertimbangan selanjutnya untuk mengkoleksi diecast, yaitu untuk investasi dan bisnis. Sebagai contoh adalah Hot Wheels Reguler 1:64 Ecto-1 mobil operasional tim pemburu hantu di film "Ghostbuster". Pada saat keluar pasaran, saya masih ingat harganya masih Rp. 25.000,- jika beruntung mendapatkannya digantungan Carrefour, Matahari, Giant, atau Indomaret. Sekarang karena model tersebut sudah langka dijumpai dipasaran sehingga harganya ikut melambung dikisaran Rp. 125.000 - 150.000,-. Teman saya pun pernah menjual Hot Wheels 1:64 Chevy Panel Grill Hitam (Error dari pabrik, seharusnya standarnya grill chrome) yang dia beli seharga Rp. 450.000,- dan laku terjual di harga Rp. 1.250.000,-. Peningkatan yang sangat signifikan bukan? :D
Hot Wheels Ghostbusters Ecto-1, Mahal karena Langka dan Unik
Saya sendiri pernah "iseng-iseng" berbisnis di dunia diecast ini pada tahun 2009 sd 2011.Saya sebut iseng-iseng karena tidak bermaksud serius untuk berbisnis hanya mengikuti pendapat dari teman-teman untuk jualan di Facebook. Saya mengambil barang dari Ebay.Com, agen, dan mall/supermarket. Kebetulan item yang saya jual dari Ebay adalah item yang jarang terdapat di tanah air, sehingga setiap saya posting biasanya selalu langsung sold out. Selain berjualan di FB, saya juga mencoba jualan di situs lelang luar negeri paling terkenal yaitu Ebay.com. Salah satu yang selalu menjadi kenangan adalah pada saat mencoba menjual satu koleksi yaitu Jada 1:24 Nissan 240SX (S-14) tidak menyangka bisa terjual diharga $385 dengan sistem lelang (auction). Padahal Jada tersebut saya dapat seharga Rp. 400.000 dari teman pada saat acara gathering SM. Jika ditekuni, tidak mustahil bisnis ini akan memberikan masukan tambahan asal pengetahuan tentang diecast selalu diupdate mengenai prediksi item, mencari penjual/agen yang murah, trend diecast yang sedang berkembang dan faktor lainnya.

Jada 1:24 Nissan 240SX (S-14) terjual $385 di Ebay (pembeli dari Perancis)
Peran komunitas pencinta diecast juga sangat membantu dalam hal melengkapi jumlah koleksi. Aktivitas saling menukar koleksi (barter), jual-beli atau kalau beruntung mendapat hibah dari sesama kolektor merupakan kesenangan tersendiri untuk mendapatkan item buruan. Selain menambah teman tentunya bertukar pikiran dan pendapat mengenai perkembangan dunia per-diecast-an dapat memperluas wawasan mengenai hobi yang digeluti. Jadi, jangan ragu lagi untuk memulai hobi menjadi kolektor diecast ^_^

Komentar

  1. Pengen punya niiih mainan die cast, bagus2 yaa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe betul, hobi sekaligus berbisnis :)

      Hapus
    2. Saya sangat bersyukur telah menemukan blok MBAH RAWA GUMPALA dan ternyata apa yang tertulis di dalam blok MBAH,semua itu meman benar-benar terbukti dan salah satunya saya sudah telah membuktikannya sendiri,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaibnya,atas bantuan ini kini aku sudah bankit lagi dan usaha yang dulunya bankrut kini bisa berjalan kembali,berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA kini kehidupan kami sudah jauh lebih baik dari pada sebelumnya,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan budibaik mbah,pesugihan ini adalah pesugihan resmih dan pesugihan ini banyak pilihan misalnya dana ghaib tuyul minyan penarik uabg balik
      Bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085-316-106-111 dan
      pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah

      Hapus
    3. Saya sangat bersyukur telah menemukan blok MBAH RAWA GUMPALA dan ternyata apa yang tertulis di dalam blok MBAH,semua itu meman benar-benar terbukti dan salah satunya saya sudah telah membuktikannya sendiri,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaibnya,atas bantuan ini kini aku sudah bankit lagi dan usaha yang dulunya bankrut kini bisa berjalan kembali,berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA kini kehidupan kami sudah jauh lebih baik dari pada sebelumnya,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan budibaik mbah,pesugihan ini adalah pesugihan resmih dan pesugihan ini banyak pilihan misalnya dana ghaib tuyul minyan penarik uabg balik
      Bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085-316-106-111 dan
      pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah

      Hapus
  2. waah mas hendra koleksi HW pertamanya sama kayak saya "So Fine", hampir kepikiran mau saya loose tapi sayang hehehe (barangkali aja nanti jadi langka ~ ngarep -_-) hoohohoo
    lagi coba kumpulin tomica limited seri skyline tapi harganya minta ampuun (padahal pernah nge-deal HW diatas 500 rebu heheheh .. itu dulu waktu masih bujang)

    mau koleksi lagi skala 1:43 cuma bingung ngumpetin dari anak saya ... hehheehe

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Adit, tidak sengaja liat HW So Fine disalah satu mini market. Sekarang fokusnya ke Tomica dan Hot Wheels reguler saja. Mantab nih koleksi TL, apalagi family 'Godzilla' hehehehe. Skala 43 serem-serem racunnya, harus hati-hati :D

      Hapus
  3. Made In mana tuh gan Jada 1:24 Nissan 240SX (S-14) klo bleh tau ? hhehee

    BalasHapus
  4. hallo salam kenal kak q anita dr nganjuk pengen mulai dari awal untuk gabung dikomunitas ini ,,caranya gmn ya cozz disini blm ada sih yg memulain hoby seperti saya ini

    BalasHapus
  5. Kalo ane ngoleksi Hotwheels dah 2 thun tpi msih dibilang pemula dah, brusan aja dah ane baru beli hw ghostbuster ecto-1 trus lg banyak incaran jd kena racun dah dilapak si abangnya lebgkap semua wkwk nemu di cfd

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Popular Posts